Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat Ikut Hadiri Silaturrahmi dan Halal Bihalal Kementerian Keuangan Satu Tahun 1444 H
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Kamis, 11 Mei 2023   |   39 kali

Pada hari Rabu (10/5) telah dilaksanakan Silaturrahmi dan Halal Bihalal di Lingkungan Kementerian Keuangan Satu di Aula Kanwil DJPb Kalimantan  Barat yang dihadiri oleh para Kepala Kanwil, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta para pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat. Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang diwakili oleh Ibu Tetik Fajar Ruwandari dan para pejabat administrator dan pengawas ikut menghadiri kegiatan dimaksud. Acara dilaksanakan secara hybrid dan diisi pula dengan tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz Dr. Drs. H. Abdul Aziz. Al.M.Pd.I.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kementerian Keuangan dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Surat Al Imran ayat 102-105 yang dibawakan oleh Sdr. Rifki Halim perwakilan dari Kanwil DJBC Kalbagbar. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat yaitu  Bapak Kukuh Sumardono Basuki yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Bapak Kukuh Sumardono Basuki mengajak kepada para tamu yang hadir dalam acara Halal Bihalal ini untuk menghalalkan segala perselisihan yang terjadi selama bekerja pada hari-hari sebelumnya. Saling memaafkan agar kembali suci. Menjadikan bulan-bulan setelahnya (11 bulan) sebagai kontemplasi, bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri secara spiritual dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT. “Semoga ibadah kita selama bulan ramadhan diterima Allah SWT, dan kita diberikan kesempatan untuk bertemu ramadhan di tahun mendatang” pungkas beliau.

Selanjutnya Ustadz Dr. Drs. H. Abdul Aziz. Al.M.Pd.I. dalam ceramah tausiyahnya menyampaikan bahwa  sebenarnya antara ramadhan dan syawal tidak bisa dipisahkan. Bulan Ramadhan adalah bulan untuk beribadah dalam upaya memperbaiki hubungan manusia dengan Allah.  Dan ketika memasuki bulan syawal, kita memperbaiki hubungan antar sesama manusia. Sehingga hubungan manusia dengan Allah, makhluk dengan sang khalik (habluminallah) dan hubungan antar sesama manusia (habluminannas) merupakan suatu sunatullah.

Halal Bihalal memiliki hubungan yang sangat erat dengan Ukhuwah, yaitu persaudaraan dalam Islam. Halal Bihalal adalah salah satu tradisi yang dilakukan umat muslim di Indonesia untuk mempererat hubungan sosial antar individu dan kelompok setelah melewati bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

Melalui tradisi Halal Bihalal, umat muslim di Indonesia saling berkunjung, bersilaturahmi, dan mempererat tali persaudaraan antara sesama muslim. Halal Bihalal juga menjadi wujud penghormatan dan meminta maaf satu sama lain, sehingga memperkuat hubungan sosial dan mengurangi konflik antar individu dan kelompok.

Dalam Islam, Ukhuwah memiliki arti penting sebagai tali persaudaraan yang menghubungkan seluruh umat muslim di dunia. Ukhuwah mengajarkan tentang pentingnya saling mengasihi, menghormati, dan mendukung antara satu sama lain, serta membangun hubungan yang harmonis dan saling memperkuat. Oleh karena itu, melalui tradisi Halal Bihalal, umat muslim di Indonesia dapat memperkuat Ukhuwah dan menjaga kebersamaan, persatuan, dan keharmonisan antar individu dan kelompok dalam masyarakat.

Semoga dengan Silaturahmi dan Halal Bihalal Kementerian Keuangan Satu Tahun 1444 H ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk melanjutkan kualitas hidup yang lebih baik dan bermanfaat, sehingga bulan Ramadan bukan hanya menjadi momen berharga di masa lalu, tetapi juga menjadi sumber inspirasi yang abadi bagi kehidupan di masa depan. Dan hakikat tujuan halal bihalal dalam hubungan sesama pegawai, diharapkan dapat tercipta lingkungan kerja yang harmonis, saling menghargai, dan memperkuat ikatan persaudaraan di antara mereka. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja pegawai serta menciptakan lingkungan kerja yang positif dan sehat di unit-unit Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini