Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat Tebar Kepedulian pada Sesama melalui Bakti Sosial Bulan Ramadhan 1444 H
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Kamis, 13 April 2023   |   25 kali

Pada (12/4) Kanwil DJKN Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Ramadhan 1444 H, kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama. Sebagaimana perintah agama agar di dalam bulan Ramadhan semakin mengintensifkan amalan kebajikan kepada sesama. Lokasi Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang berada di tengah-tengah lingkungan pemukiman masyarakat menghendaki kepedulian pada masyarakat sekitar. Sikap saling peduli dan tolong-menolong menjadi salah satu ciri khas dalam budaya Islam. Hal ini lantaran Allah secara langsung mengamanatkannya dalam dalil Alquran kepada seluruh umat manusia. Hal ini telah diabadikan dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 5, Allah SWT berfirman ”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat."

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat dalam bukunya berjudul Ungkapan Hikmah mengatakan, membantu sahabat atau orang sekitar sama saja sebagai tindakan menebar vibrasi syukur kepada Allah SWT. Energi ketulusan dalam bantuan itu akan menebar kepada orang-orang yang dibantu. Bakti sosial yang berupa paket sembako diberikan kepada masyarakat sekitar di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Dana untuk kegiatan baksos ini berasal dari swadaya hasil donasi para pegawai yang berhasil dikumpulkan kemudian dibelanjakan paket sembako.

Paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Ibu Tetik Fajar Ruwandari. Selain diberikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan para pegawai PPNPN, para pegawai pun diberikan kesempatan untuk ikut menyerahkan bingkisan baksos kepada masyarakat yang amat membutuhkan di sekitar tempat tinggal para pegawai.

Semoga di bulan suci Ramadhan ini diberikan keberkahan, keselamatan, dan kebahagiaan untuk kita semua.

(Ditulis oleh: Arya Putra/ Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini