Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Melaksanakan Kegiatan Bintalnas Muslim dengan Tema “Al-Ushul Ats-Tsalatsah”
Hilda Evimelia
Kamis, 02 Maret 2023   |   53 kali

Pada hari Rabu (1/3) telah dilaksanakan Bintalnas Muslim di Aula Kanwil DJKN Kalimantan  Barat. Acara dimulai dengan pembacaan tilawah Al-quran oleh Ibu Ida Rosanti kemudian dilanjutkan ceramah singkat yang disampaikan oleh Bapak Fathur Berlianto, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Kalimantan Barat dengan tema “Al-Ushul Ats-Tsalatsah”.

 

Dalam ceramahnya, Bapak Fathur Berlianto, pria yang akrab dipanggil Pak Itok menjelaskan tentang Al-Ushul Ats-Tsalatsah ini merupakan kitab untuk referensi yang berkaitan dengan aqidah. Penulis kitab ini adalah Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab at-Tamimi. Beliau lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H. Melalui tulisan dan dakwahnya, beliau mengajak manusia untuk Kembali kepada ajaran islam yang murni dengan berpegang kepada Al-Kitab dan As-Sunnah melalui jalan yang ditempuh oleh para sahabat Radhiyallahu’anhum. Kitab ini merupakan ringkasan dari Kitab  Al-Ushul Ats-Tsalatsah, digunakan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak.

 

Adapun Mukadimah dari Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah yang pertama adalah : ilmu yaitu mengenal Allah, mengenal Nabi-Nya dan mengenal agama islam disertai dalil-dalilnya yang merupakan pondasi yang wajib diketahui. Yang kedua mengamalkannya, ketiga mendakwahkannya dan keempat sabar atas gangguan dalam melaksanakannya.

 

Di akhir ceramahnya, Pak Itok, pria yang gemar berolahraga sepeda, menegaskan kembali inti dari isi ceramah yang telah beliau sampaikan. "Bahwa yang pertama adalah luruskan niat karena segala sesuatu itu harus kita niatkan karena Allah, yang kedua adalah ilmu, apapun yang kita kerjakan tujuannya hanya untuk ibadah dan yang ketiga adalah bahwa apa yang kita lakukan hanya untuk Allah semata" pungkasnya.

 

 

(Penulis : Hilda Evimelia/ Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalimantan Barat)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini