Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Berita
Peringati HUT DJKN Ke-17, Kanwil DJKN Kalbar Kolaborasi dengan BDK Pontianak Gelar KCOC
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Jum'at, 03 November 2023   |   48 kali

Pontianak- Kanwil DJKN Kalimantan Barat berkolaborasi dengan Balai Diklat Keuangan Pontianak menggelar Kemenkeu Corpu Open Class (KCOC) yang bertema Optimalisasi Penerimaan Daerah Melalui Penilaian yang Berkualitas yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Kekayaan Negara 2023 pada Rabu, 25 Oktober 2023 secara Hybrid di Kantor Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak.

Sejalan dengan tema Peringatan Hari Kekayaan Negara ke -17 yaitu “Satu Tujuan, DJKN Melayani Lebih Baik”, pada kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Kalimantan Barat dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat yang berkenan untuk menyampaikan strategi dan pengalaman dalam melakukan Pengelolaan BMD untuk mengoptimalkan Penerimaan Daerah. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh 205 peserta dari berbagai instansi baik dari wilayah Kalimantan Barat maupun luar wilayah Kalimantan Barat.

Dimulai dengan pembukaan dari Kepala Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak, Nyimas Herleni Rahma Zella yang menyampaikan bahwa pengelolaan baik itu Barang Milik Negara (BMN) maupun Barang Milik Daerah (BMD) membutuhkan peran penting Penilai Pemerintah dalam menghasilkan nilai wajar yang digunakan sebagai dasar dalam proses Pemanfaatan Barang Milik Negara/ Daerah (BMN/D) seperti Sewa, Kerjasama Pemanfaatan (KSP), Bangun Guna Serah/Guna Serah Bangun (BGS/BSG), Kerjasama Penyediaan Infrastruktur (KSPI), dan Kerjasama Terbatas untuk Pembiayaan Infrastruktur (KETUPI).

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Tetik Fajar Ruwandari dalam keynote speechnya menyampaikan bahwa dalam rangka optimalisasi pengelolaan BMD untuk peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD), DJKN Kalimantan Barat berkomitmen untuk mendukung hal tersebut dengan memberikan layanan Penilaian kepada Pemerintah Daerah antara lain berupa penilaian dalam rangka Pemanfaatan, Penatausahaan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah. Selain hal tersebut, DJKN Kalimantan Barat juga berkomitmen dalam melakukan pendampingan pada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kompetensi pengelola BMD dengan memberikan bimbingan teknis dan pendampingan bagi Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah maupun Pegawai yang bekerja di bidang pengelolaan aset Daerah.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Perencanaan, Penatausahaan, dan Pemanfaatan Aset BKAD Provinsi Kalimantan Barat, Syarifah Novita memaparkan dengan sangat komprehensif permasalahan serta langkah-langkah strategis yang diambil dalam pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Salah satu langkah dalam mengamankan aset sekaligus meningkatkan PAD adalah dengan menyewakannya, salah satu contoh yang disampaikan antara lain menyewakan bangunan yang berlokasi di kawasan Museum Kalimantan Barat untuk dijadikan restoran, dan tanah/bangunan pada Galeri Hasil Hutan untuk dijadikan cafe/warung kopi.

 Tidak kalah menariknya, Kepala Bidang Pengelolaan BMD BPKAD Provinsi Jawa Barat, Aris Dwi Subiantoro berbagi terobosan yang telah dilakukannya sehingga dari Pengelolaan BMD dapat meningkatkan PAD yang cukup signifikan. Salah satu prestasi yang bisa memotivasi para peserta dari berbagai Pemerintah Daerah antara lain Tim BPKAD Provinsi Jawa Barat berhasil dalam menjadi juara pertama pada kategori Maestro dalam penganugrahan The Asset Manager 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN). Sehingga para peserta dari Pemerintah Daerah lain bisa mengambil pelajaran dari pengalaman yang telah dilakukan baik oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat maupun Provinsi Jawa Barat.

Kolaborasi yang telah dilakukan Kanwil DJKN Kalimantan Barat baik dengan BDK Pontianak, maupun dengan para Pemerintah Daerah Provinsi, Kota, dan Kabupaten tidak lain merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat dalam memberikan layanan yang terbaik dalam meningkatkan kualitas layanan pengelolaan BMN/D.

 

(Ditulis oleh: Titik Wijayanti/Tim Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalbar)

(Direview oleh: Arya Putra/Tim Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letnan Jenderal Sutoyo No. 122 Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat - 78121
(0561) 584150
(0561) 584151
kanwildjkn11@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini