Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat > Berita
Peringati HORI Ke-77, Perwakilan Kemenkeu Kalbar Gelar Peduli Bumi dengan Tanam 377 Bibit Pohon
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Senin, 30 Oktober 2023   |   51 kali

Dalam rangka meningkatkan peran aktif pegawai Kementerian Keuangan terhadap pelestarian lingkungan, Kementerian Keuangan berkolaborasi dengan komunitas pecinta lingkungan di Kementerian Keuangan telah melaksanakan kegiatan Kemenkeu Peduli Bumi. Beberapa agenda yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut antara lain talkshow, kampanye habituasi hemat energi dan kantor ramah lingkungan, pengelolaan sampah, dan penanaman pohon secara serentak di kantor pusat dan kantor vertikal Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia.

Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat dan  Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kapuas mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon dalam rangka Kemenkeu Peduli Bumi yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-77 di Galery Hasil Hutan, Komplek Pendopo Gubernur Kalbar dan di Hutan Albazia yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kubu Raya serta di Kampung Kembang Wonosari (Kampung Jawa) Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada (Jumat, 27/10).

Pada kegiatan ini selain dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalbar, turut hadir pula Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat, Kurniawan Nizar, Kepala Kanwil DJBC Kalbagbar, Imik Eko Putro, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Tetik Fajar Ruwandari, dan Kepala Balai Diklat Keuangan (BDK) Pontianak, Nyimas Herleni Rahma Zella serta para pejabat/pegawai dan PPNPN dari unit-unit Kemenkeu se-Perwakilan Kemenkeu Kalbar.

Sejumlah 377 bibit pohon yang ditanam tersebut diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 105 bibit pohon dan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kapuas sebanyak 272 bibit pohon.

Dalam sambutan dan pembukaannya Kepala Perwakilan Kemenkeu Kalimantan Barat Kukuh Sumardono Basuki selaku Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat mengatakan bahwa Kemenkeu sebagai pengelola keuangan negara ingin memberikan contoh yang baik kepada masyarakat melalui kegiatan penanaman pohon ini.

“Tentunya kita semua tahu bahwa bumi sudah semakin tua, sudah selayaknya kita jaga sebaik-baiknya. Mudah-mudahan dengan kegiatan kecil ini, kita bisa menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli dengan bumi kita,” ujar Kukuh.

Selanjutnya Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Setiyo Haryani, dalam sambutannya mengatakan, “Agenda yang dilakukan sekarang yakni menanam 1 pohon untuk setiap peserta, rencananya kami akan mengadakan program untuk menanam 25 pohon untuk seumur hidup.”

“Ini juga menjadi suatu langkah kecil kita bersama sehingga kedepannya bisa menjadi agenda rutin tidak hanya di lingkungan Kemenkeu namun bisa juga di lingkungan masyarakat sekitar, lingkungan pendidikan, dan lingkungan lainnya,” ujar Haryani.

“Kami berharap Kemenkeu juga dapat selalu men-support dalam pemeliharaan pohon-pohon yang telah ditanam agar dapat bertahan dan tidak ditebang sehingga dapat bermanfaat untuk kita semua,” pungkas Haryani.

Semoga dengan pelaksanaan kegiatan Peduli Bumi HORI Ke-77 oleh Perwakilan Kemenkeu Kalbar akan dapat meningkatkan peran aktif para pegawai Kemenkeu khususnya para pegawai unit-unit Kemenkeu di wilayah Perwakilan Kemenkeu Kalbar.

(Ditulis oleh: Shandy/Tim Dokumentasi HORI Ke-77 Perwakilan Kemenkeu Kalbar/Kanwil DJP Kalbar)

(Direview oleh: Arya Putra/ Tim Dokumentasi HORI Ke-77 Perwakilan Kemenkeu Kalbar/Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letnan Jenderal Sutoyo No. 122 Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat - 78121
(0561) 584150
(0561) 584151
kanwildjkn11@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini