Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Barat Berhasil Meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)
Ayundari
Senin, 21 Desember 2020   |   144 kali

Senin, 21 Desember 2020  Sekretariat DJKN telah melakukan Asistensi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2021. Acara dibuka oleh Sekretaris DJKN dan dilanjutkan asistensi oleh Bagian OKI. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Karena Sekretaris DJKN senantiasa menekankan bahwa integritas merupakan DNA kita yang harus tetap dijaga.

Pada tahun 2020 terdapat 28 unit kerja DJKN yang telah lolos penilaian tingkat nasional dengan rincian 23 unit kerja meraih WBK dan 5 unit kerja meraih WBBM. Kanwil DJKN Kalimantan Barat termasuk unit kerja yang meraih WBK di tahun 2020. Capaian ini merupakan kerja bersama dari seluruh tim di masing-masing unit kerja. Tantangan ke depan adalah menjaga dan meningkatkan capaian agar di tahun mendatang dapat meraih WBBM.

Acara selanjutnya dilakukan pembahasan dan bedah LKE yang dipandu oleh Tim dari bagian OKI.  Pada tahun 2021, DJKN mengusulkan 18 unit kerja mengikuti pembangunan ZI menuju WBK dan 9 unit kerja mengikuti pembangunan ZI menuju WBBM. Di akhir pemaparan disampaikan quote dari Menteri Keuangan yaitu “Berani melakukan PERUBAHAN dan melawan KORUPSI adalah sesuatu yang membuat kita lebih DIHARGAI” agar selalu mengingatkan seluruh pegawai agar tidak melakukan korupsi dan selalu proaktif serta melakukan inovasi untuk menjawab setiap perubahan yang terjadi di unit kerja.

Pada saat yang bersamaan Kementerian PANRB memberikan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 yang diadakan secara virtual melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian PANRB. Sebanyak 214 unit di Kementerian Keuangan berhasil meraih predikat WBK/WBBM. Apresiasi dan Penganugerahan Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo serta penerimaan Kementerian Keuangan diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto.

Kegiatan penyerahan predikat WBK/WBBM merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Predikat tersebut diberikan kepada unit kerja yang berhasil membangun Zona Integritas dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Semoga dengan predikat baru yang disandang, Kanwil DJKN Kalimantan Barat dapat menjadi salah satu kontributor dalam membangun negeri dengan melakukan percepatan Reformasi Birokrasi melalui pembangunan Zona Integritas.

Salam Perubahan!


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini