Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
LELANG SUKARELA PRODUK UKM, KUNCI PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL
Aminah Nurmillah
Jum'at, 02 Oktober 2020   |   128 kali

Pontianak (02/10) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat mengadakan sosialisasi lelang sukarela produk UKM dalam rangka memperingati Hari Uang Republik Indonesia ke-74 bersama Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Pontianak dan Singkawang serta Asosiasi Pengusaha UKM Pontianak (02/10). Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward Nainggolan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa peran UKM sangat penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu,  acara sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan platform lelang.go.id sebagai media untuk melakukan transaksi jual beli kepada para pelaku UKM di Kalimantan Barat guna membantu negara memperbaiki perekonomian negara. Saat ini terdapat kurang lebih 45.000 (empat puluh lima ribu) pelaku UKM yang sedang berkembang di Kalimantan Barat. Apabila dikembangkan, UKM dapat menjadi kunci dalam pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Seksi Bimbingan Lelang I Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Iwan Darma, memberikan pemaparan umum mengenai pelaksanaan lelang secara online dan manfaatnya bagi para pelaku UKM. Beberapa kelebihan pelaksanaan lelang secara online adalah adanya biaya yang murah, transparansi penjualan, informasi yang luas, hasil bersih yang langsung disetorkan kepada penjual setelah pelunasan, pengajuan permohonan secara online dan pelayanan yang prima. “Dengan menggunakan lelang.go, produk UKM dapat dilihat oleh seluruh penduduk di Indonesia karena produk tersebut akan ditayangkan pada website resmi. Selain itu, pelaku UKM juga berperan dalam menambah PNBP,” ujar Iwan.

Selanjutnya, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Singkawang, Martha Nelly, juga memaparkan mengenai tata cara permohonan lelang secara online. “Untuk menjadi pemohon, penjual atau bahkan peserta lelang, pertama-tama kita harus membuat akun pada platform lelang.go.id. dan melengkapi dokumen persyaratan untuk lelang,” kata Martha.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo, sangat mengapresiasi sosialisasi lelang sukarela produk UKM.  Pelaku UKM diharapkan tertarik untuk melakukan penjualan produk melalui lelang sehingga produk UKM dapat dikenal masyarakat sampai tingkat nasional  dan tentunya menghasilkan keuntungan. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan KPKNL akan selalu mendukung dan berusaha membantu Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM di Kalimantan Barat untuk mengembangkan UKM. “Kami akan berusaha agar pelaku UKM Kalimantan Barat dapat menggunakan platform lelang.go.id  sehingga dapat turut serta membantu pemulihan ekonomi nasional,” ujar Edward.

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini