Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jatim Kenalkan Lelang Kepada Mahasiswa Universitas Airlangga
Muhammad Rudi Hidayat
Kamis, 10 Juni 2021   |   439 kali

Surabaya – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur (Kanwil DJKN Jatim) mengenalkan lelang, salah satu tugas dan fungsi DJKN, kepada mashasiswa Universitas Airlangga saat kegiatan DJKN Goes To Campus secara hybrid, Kamis (10/6). Kegiatan DJKN Goes To Campus yang bertema Peran dan Fungsi Lelang Dalam Perekonomian ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Hukum. Tidak hanya mahasiswa S1 saja yang mengikuti tetapi juga mahasiswa pasca sarjana seperti mahasiswa magister manajemen dan magister kenotariatan. Selain itu beberapa dosen juga antusias mengikuti perjalanan kegiatan ini.

 

Adapun kegiatan secara luring DJKN Goes To Campus diselenggarakan di Aula KRT Fadjar Notonagoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan menjalankan protocol kesehatan yang cukup ketat. Tidak cukup dengan 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak tapi setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan melakukan pemeriksaan GeNose C19 terlebih dahulu. Pemeriksaan geNose C19 atau alat deteksi cepat Covid 19 ini difasilitasi oleh Pusat  Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga. Sehingga kegiatan tersebut dijamin aman dari penularan Covid19.

 

Tugas Agus Priyo Waluyo Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya pria yang akrab dipanggila Agus ini menyampaikan beberapa point penting kepada mahasiswa. Agus memperkenalkan tugas pokok dan fungsi DJKN yaitu merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang. Dalam DJKN Goes To Campus yang bertema tentang lelang ini, Agus membeberkan bagaimana DJKN melakukan transformasi pelayanan lelang yang dahulu diselenggarakan secara konvensional dan saat ini bisa melayani masyarakat melalui media internet. Masyarakat bisa mendownload aplikasi Lelang Indonesia melalui playstore. Sehingga lelang aman, unggul dan terpercaya.

 

Selanjutnya Agus juga menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi Covid19, perekonomian global menjadi terpuruk. Setiap unit eselon 1 di Kementerian Keuangan wajib memberikan sumbangsih kepada masyarakat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. DJKN memberika layanan lelang UMKM kepada masyarakat untuk memperkenal produknya. Selain itu Agus memberikan pesan kepada mahasiswa, supaya berhati hati dengan penipuan lelang. Banyak oknum yang menawarkan lelang dengan harga murah. Menurutnya yang layak dipercaya adalah dari lelang.go.id.

 

Tidak ketinggalan Ibu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dian Agustina, SE, MSi, Ak, CMA, CA memberikan himbauan kepada mahasiswanya. Supaya mengikuti kegiatan DJKN Goes To Campus dengan baik. Mahasiswa perlu mengerti apa yang terjadi di dunia kerja. Karena nanti setelah lulus mahasiswa akan menerapkan ilmu yang diperoleh didunia kerja.

 

DJKN Goes To Campus ini memberikan pengetahuan lelang kepada mahasiswa. Ahid Ihwanudin Kepala Bidang Lelang dengan didampingi Ary mey Rambudi memberikan transfer knowledge tentang lelang secara rinci baik dari aspek ekonomi makro maupun hukum. Mulai dari pengertian lelang sampai dengan pelaksanaan lelang dijelaskan oleh Ahid. Lanjut Ahid, salah satu peran dan fungsi lelang dalam perekonomian negara selain mengumpulkan PNBP adalah menciptakan keseimbangan makro ekonomi setelah adanya terjadinya kredit macet atau NPL dari perbankan. Agunan yang laku terjual atau kredit macet yang terselesaikan menjadi dana segar untuk menggairahkan perekonomian. Disisi lain menurut Ahid, lelang juga menciptakan lapangan kerja yaitu investor property, agen property, jual beli kendaraan bermotor, jual beli online dan sebagai pejabat lelang kelas 2.

 

DJKN Goes To Campus juga menyajikan simulasi lelang untuk mengenalkan praktik lelang kepada mahasiswa. Dengan dipandu oleh Pelelang KPKNL Surabaya Tiar Nurita Qadarsih Diharapkan mahasiswa mengerti bagaimana prosedur dalam mengikuti lelang yang benar.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini