Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis di Bidang Pengurusan Piutang Negara pada Kanwil DJKN Jawa Timur
Dodiek Widhyatmiko
Senin, 03 September 2018   |   443 kali


Sosialisasi dan Bimbingan Teknis di Bidang Pengurusan Piutang Negara


pada Kanwil DJKN Jawa Timur


 


     Surabaya - Pada hari Kamis tanggal 30 Agustus 2018 bertempat di Ruang Aula Lantai 4 Gedung Keuangan Negara Surabaya II, Kantor Pusat DJKN mengadakan acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis di bidang Pengurusan Piutang Negara di Kanwil DJKN Jawa Timur. Tim dari Kantor Pusat DJKN yang hadir pada acara tersebut adalah Tim dari Direktorat PNKNL, Direktorat PKNSI dan Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat. Adapun dari lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur yang hadir adalah Kakanwil DJKN Jawa Timur beserta Kepala Bidang terkait dan para Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur yang didampingi Kepala Seksi Piutang Negara dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi.


     Acara diawali dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Etto Sunaryanto. Dalam sambutannya, Etto menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini masih banyak institusi yang belum memahami tentang pengurusan piutang negara sehingga DJKN perlu lebih mensosialisasikan tentang pengurusan piutang negara. Etto juga menyampaikan tentang pengalamannya semasa masih menjabat di Kanwil DJKN Denpasar dimana KPKNL dituntut untuk lebih proaktif menjemput bola atas penyerahan berkas piutang negara seandainya pengurusan piutang negara ingin tetap eksis. “Jangan hanya menunggu penyerahan saja. KPKNL harus proaktif dan melakukan effort yang lebih, selain itu juga perlu didukung kiat-kiat yang smart”’ demikian papar Etto.


     Selanjutnya sambutan datang dari Ketua Tim dari Kantor Pusat Abu Hanifah. Abu menyampaikan bahwa materi sosialisasi dan bimbingan teknis kali ini akan menyampaikan lima materi yaitu yang pertama penyampaian hasil workshop pengelolaan piutang negara tahun 2018 serta current issue pengurusan piutang negara, yang kedua monitoring dan evaluasi pelaksanaan aplikasi focusPN terutama mengenai pencetakan produk hukum PUPN.


     Materi ketiga adalah sosialisasi Surat Edaran Bersama DJBC dan DJKN Nomor SE-05/BC/2018 dan SE-1/KN/2018 tentang Mekanisme Rekonsiliasi dan Pelaporan Piutang Negara yang Telah Diserahkan Pengurusannya oleh DJBC Kepada DJKN/PUPN, yang keempat adalah sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 6/KN/2017 tentang Petunjuk Teknis Pengurusan Piutang Negara. Sedangkan yang terakhir adalah Monitoring dan Evaluasi target pengurusan Piutang Negara tahun 2018, meliputi PNDS, Biaya Administrasi pengurusan Piutang Negara dan BKPN yang dapat diselesaikan.


     Seluruh pembicara menyampaikan materi dengan sangat gamblang dan jelas. Selama pemaparan materi berjalan, banyak diskusi-diskusi yang dilakukan. Peserta juga dengan sangat antusias mengikuti paparan materi. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada para pemateri bahkan para peserta acara juga tanpa sungkan-sungkan memberikan masukan kepada para pemateri. Gairah acara sosialisasi dan bimbingan teknis pada hari itu sangat menggembirakan sehingga tidak terasa waktu dari pagi sampai sore telah terlewati. Acara pun ditutup secara khidmat dan diakhiri dengan pengambilan foto bersama.


 


 


(teks/foto: tim Bid KIHI).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini