Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Input Lengkap, Capaian Kinerja Akurat
Aryanto Dwi Nugroho
Kamis, 25 Januari 2018   |   694 kali

Surabaya - Sebagai upaya mewujudkan pelaporan yang lebih akurat di tahun 2018, Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Timur menyelengggarakan acara “Penyegaran Pengisian File Master Data Lelang Melalui Dropbox, pada Senin (22/01/2018), bertempat di Ruang Rapat Kanwil DJKN Jawa Timur R2.

Acara dihadiri oleh para Kepala Seksi Pelayanan Lelang beserta seluruh PIC laporan dari masing-masing KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur. Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Timur, Herdiah Palupi dalam sambutan pembukaan acara ini menyampaikan bahwa pelaporan tahun 2017 belum optimal. “Selain masih ditemui kurang tertibnya penyampaian laporan melalui dropbox,  ternyata masih ada KPKNL yang belum sepenuhnya memanfaatkan file master data lelang ini sebagai bahan penyampaian laporan Kep-96 melalui SSO,”tambah Herdiah.

Acara yang dipandu oleh staf Bidang Lelang, yakni Muhammad Safiuddin dan Vina Christy Lukitasari mengambil beberapa sesi. Sesi pertama adalah evaluasi dan sharing pengisian file master data lelang. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan simulasi pengisian file master data lelang. Dan terakhir adalah simulasi pengisian file uploader dari sheet output pada file master data lelang sebagai laporan Kep-96 melalui SSO.

Sebelum masuk sesi penyegaran, Kasi Bimbingan Lelang II, Indah Sulfarini mengingatkan,”Teman-teman KPKNL, terutama PIC laporan, tolong lebih teliti lagi dalam mengisi file master data lelang ini. Karena kalau ada kolom yang tidak terisi, bisa berakibat sheet output tidak akan keluar angkanya. Dan ini pengaruh sekali dalam menunjukkan capaian kinerja teman-teman KPKNL.”

Dari hasil evaluasi, ternyata masih banyak PIC laporan yang mengisi file master data lelang kurang lengkap dan salah input. “Semangat adanya file master data lelang ini adalah database lelang yang akurat dan lengkap sebelum nantinya akan hadir aplikasi pelaporan yang lebih sempurna. Oleh karena itu, sangat penting mengisi secara lengkap file master data lelang ini.  Tidak hanya pada kolom-kolom utama sheet buku register yang mempengaruhi isian pada sheet output, namun kolom-kolom lainnya juga seyogyanya diiisi dengan lengkap,” tegas Safiuddin. Kesalahan yang sering ditemui pada pengisian file master data lelang seperti, format tanggal yang tidak sesuai, jenis dan sub jenis lelang tidak terisi, rumus yang berubah, tanggal pelunasan belum terisi, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, Vina juga mengingatkan bahwa pengisian bea lelang Pegadaian pada Sheet Pegadaian di file master data lelang bisa diambil pada laman: https://www.djpln.kemenkeu.go.id/smile/pegadaian/. “Angka bea lelang dapat dilihat pada ‘menu monitoring’ kemudian klik ‘submenu data KPKNL’, selanjutnya pilih periode pelaporannya,” terang Vina Christy sambil mempraktekkannya di layar monitor. Selain itu, sheet input lainnya juga sangat penting diperhatikan pengisiannya, seperti sheet kertas sekuriti dan sheet IKPL yang keduanya akan menampilkan laporan triwulanan.

Sesi utama diakhiri dengan pengisian file uploader dari sheet output pada file master data lelang sebagai laporan Kep-96 melalui SSO. Herdiah menegaskan bahwa dalam 2 hari kerja, semua KPKNL paling lambat harus sudah menyampaikan file master data lelang ini ke Kanwil melalui dropbox. ”Kami berharap sekali di tahun 2018 tidak ada KPKNL yang menyampaikan laporan Kep-96 dengan file manual tanpa didasarkan pada output file master data lelang,” tutup Herdiah.

(Ditulis: Muhammad Safiuddin; Foto: Tribekti Irianto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini