Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bintalnas : Berbagi Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Puasa Ramadan
Fahmi Fauzi Indarto
Kamis, 28 April 2022   |   762 kali

Semarang Dalam rangka mengisi kegiatan bulan suci Ramadan 1443 H, Bintalnas Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mengadakan kegiatan pengajian yang dipimpin oleh Plh. Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY Gunawan Sani. Pengajian ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada-Nya selama bulan suci Ramadan.

 

Acara diawali dengan pembukaan oleh panitia yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan terjemahannya. Selanjutnya sambutan oleh Plh. Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY Gunawan Sani. Dalam sambutannya, Gunawan Sani menyampaikan bahwa puasa ramadhan akan membentuk perilaku muslim yang berakhlak serta melatih pemenuhan kebutuhan rohaniah dan jasmani sesuai porsinya masing-masing. 


Acara dilanjutkan dengan tausiyah dan kajian islami yang disampaikan oleh Samsul Alam, dengan tema “Hal-hal yang berkaitan dengan puasa di bulan suci Ramadan”. Samsul Alam menyampaikan bahwa di dalam bulan ramadan merupakan suatu momen super khusus yang disediakan Allah Swt kepada kaum muslimin. Dikatakan demikian karena bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. ''Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Inilah rahmat dan nikmat Allah swt yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan moment ini dengan memperbanyak ibadah. Maka bersyukurlah kepada Allah dengan dipertemukan dengan bulan Ramadan ini untuk berpuasa,'' ujar Samsul Alam.

Puasa merupakan ritual ibadah yang bertujuan untuk melatih fisik dan juga spiritual. Di mana di dalamnya manusia dapat menemui kelemahannya sebagai seorang hamba dan benar-benar merasakan betapa kebesaran Allah SWT itu nyata. Samsul Alam menambahkan bahwa dengan berpuasa, dapat mengelola emosi dan kesabaran. Mulai dari kesabaran menahan lapar dan dahaga, hingga melatih kesabaran untuk tidak berkata ataupun berbuat yang tidak elok kepada diri sendiri maupun orang lain. Tak hanya itu, bulan Ramadan juga merupakan bulan penuh rahmat dan kasih sayang.

Pada bulan puasa dianjurkan mengisinya dengan sebanyak-banyaknya berbagi terhadap sesama. Seperti menunaikan zakat, bersedekah, hingga menyantuni anak yatim yang merupakan bagian dari ibadah sosialnya.

Sebagai penutup disampaikan, meninggalkan makan dan minum saat berpuasa Ramadan semata-mata hanya karena perintah Allah SWT sebagaimana yang termaktub di dalam Alquran. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 183, “Ya ayyuhalladzina aamanuu kutiba alaikumusshiyamu kamaa kutiba alalladzina min qablikum la’allakum tattaqun,”. Yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.  (Foto/Teks . Fahmi Fauzi Indarto)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini