Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Collaboration Tools, Wujud Kanwil DJKN Jateng DIY Meraih Budaya Kerja yang Kolaboratif dan Berbasis Digital
Unggul Aji Mulyo
Jum'at, 12 Mei 2023   |   65 kali

Semarang – Di Era Industri 4.0 dan saat ini kita menuju Era society 5.0, serta belajar dari pandemi Covid-19 telah merubah pola berpikir dan budaya kerja kita, terutama terkait teknologi informasi. Oleh karena itu, implementasi Collaboration Tools menjadi salah satu adaptasi budaya kerja Kementerian Keuangan yang terkini.

Penggunaan Collaboration Tools bukan hanya tentang perubahan teknologi, tetapi juga perubahan budaya kerja. Perubahan yang menyeluruh bukanlah sebuah hal yang mudah, namun mau tidak mau tetap harus dilakukan supaya kinerja di era yang sekarang dapat lebih optimal dan efisien. Maka dari itu, kegiatan internalisasi kepada semua pegawai agar implementasi Collaboration Tools ini berhasil dengan baik serta membawa dampak positif perlu secara rutin dan frekuentif diselenggarakan di setiap lini di Kementerian Keuangan.

Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Kamis (11/05) Kegiatan Mocacino atau sharing session yang biasanya hanya untuk internal pegawai Kanwil DJKN Jateng dan DIY saja, kali ini menggandeng Direktorat Transformasi dan Sistem Informasi. Mengusung tema “Mewujudkan Budaya Kerja Kemenkeu Satu yang Kolaboratif dan Berbasis Digital dengan Collaboration Tools”, Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengundang para pegawai DJKN yang memiliki keinginan untuk lebih memahami Collaboration Tools untuk mengikuti acara tersebut.

Acara yang diselenggarakan secara daring dengan menggunakan salah satu media pada Collaboration Tools, yaitu Microsoft Teams, diawali dengan sambutan dari Edward. U.P. Nainggolan, Direktur Tranformasi dan Sistem Informasi (TSI). Direktorat TSI sebagai perumus dan pelaksana kebijakan dan standardisasi teknis di bidang Transformasi dan Sistem Informasi di lingkungan DJKN selalu mendukung DJKN menjadi organisasi modern dengan budaya kerja yang kolaboratif dan digital. ”Direktorat TSI akan memberikan bimbingan teknis di bidang transformasi dan sistem informasi demi mengawal SDM dan sarana prasarana kita selalu siap dengan era digitalisasi ini,” papar Direktur yang akrab disapa Edo ini.

Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani atau akrab disapa Ani, memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Ani berpesan dengan adanya acara (sosialisasi Collaboration Tools) ini setiap pegawai khususnya di wilayah Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta bertambah wawasannya sehingga dapat bekerja dengan tepat sasaran, optimal, dan menghemat waktu. “Kami berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik guna memenuhi kepuasan stakeholder. Tantangan semakin besar karena tidak perlu bertatap muka, namun penilaian sudah bisa dilakukan.”  ujar Ani.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan informasi dan Demo Collaboration Tools yang dibawakan langsung oleh narasumber Deta Novian A.P. Harapannya, pegawai pada Kementerian Keuangan dapat memaksimalkan semua fitur yang ada pada Collaboration Tools tersebut. (Penulis: Evi Ncl, Unggul AM)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini