Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Pencanangan Zona Integritas Kanwil DJKN Jateng DIY Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi

Senin, 25 Januari 2021   |   115 kali

Semarang Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dengan menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh tamu undangan dan wartawan yang hadir selama acara berlangsung. Kegiatan ini juga diikuti para undangan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dapat disaksikan secara langsung melalui live Youtube Kanwil DJKN Jateng DIY pada Selasa (19/21).

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian laporan Kepala Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi Erma Yuni Mastuti selaku Ketua Panitia Pencanangan Pembangunan ZI-WBK Kanwil DJKN Jateng dan DIY, serta segera menindaklanjuti perbaikan seluruh aspek layanan baik internal maupun eksternal dalam manajemen perubahan, penatalaksanaan, penataan system manajemen, penguatan pengawasan SDM serta penguatan akuntabilitas kinerja melalui Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju WBK yang telah ditetapkan oleh Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY. Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju WBK Kanwil DJKN Jateng dan DIY telah berkomitmen bersama untuk saling kerjasama, membantu dan berpatisipasi dalam mewujudkan Kanwil DJKN Jateng DIY sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi.

Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY, Mahmudsyah membuka acara ini dan menyampaikan bahwa Kanwil Jateng dan DIY telah diusulkan untuk mengikuti penilaian ZI-WBK tahun 2021 kepada Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan. Kegiatan ini merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) No. 52/2014 tentan Pedoman Pembangunan ZI-WBK/WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Sebenarnya sikap dan perilaku semua pegawai pada Kanwil DJKN Jateng dan DIY telah dilaksanakan tercermin dalam kehidupan sehari-hari di kantor, dalam rangka memantapkan komitmen seluruh pegawai, maka dicanangkanlah Zona Integritas menuju WBK, semua pegawai telah melakukan berbagai langkah seperti mengubah pola pikir pegawai, menerapkan budaya disiplin pegawai, penguatan integritas, penataan tata laksana prosedur SOP serta bekerja lebih cepat dari SOP  untuk meningkatkan kualitas layanan Kanwil DJKN Jateng DIY ” ujar Mahmudsyah.

Pada kesempatan ini Mahmudsyah juga menyampaikan Pencanangan Pembangunan Menuju ZI-WBK merupakan tahap awal dan  diperlukan langkah strategis selanjutnya dalam meraih predikat WBK antara lain dengan komitmen pimpinan dan seluruh pegawai, kemudahan pelayanan, program yang langsung menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi berkelanjutan serta strategi komunikasi untuk memastikan aktivitas dan inovasi yang dilakukan diketahui oleh publik.

Sebagai tanda dimulainya pembangunan ZI-WBK pada Kanwil DJKN Jateng dan DIY dilakukan dengan prosesi pemukulan gong oleh Mahmudsyah dan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Kepala Kantor dan seluruh pejabat eselon III unit kerja Kanwil DJKN Jateng DIY dan sebagai saksi antara lain Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sulaimansyah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida dan Kepala BBWS Pemali Juana M. Adek Rizaldi.

Acara dilanjutkan dengan sharing session dengan tema “Menghadirkan Cita Pelayanan Publik Berkualitas Melalui Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)”, oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida. Beliau juga menghimbau kepada seluruh pegawai untuk melatih ketajaman budi, menghilangkan hal-hal yang tidak baik, mewujudkan hal yang baik untuk kebaikan kita semua serta mendukung pembangunan ZI-WBK pada Kanwil DJKN Jateng dan DIY.

Pada kesempatan kali ini, Sulaimansyah Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jateng, Suparno Kakanwil DJP Jateng I, Padmoyo Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY dan M. Adek Rizaldi Kepala BBWS Pemali Juana memberikan testimoni dan dukungan kepada Kanwil DJKN Jateng dan DIY dalam memperoleh predikat ZI-WBK tahun 2021 dari Kementerian PAN dan RB.

Dalam acara pencanangan ini juga digelar pembacaan puisi dengan judul Integritas karya Undani dari Antologi puisi Lima Simpul Satu Cinta  oleh Hesti dan Andi. Untuk memberikan semangat kepada seluruh pegawai dalam rangka meraih ZI-WBK di serukan yel yel yang dikomando oleh Indah Murniati Kasie Informasi.

Kanwil DJKN Jateng DIY…

Bangga Melayani…

Penuh Semangat…

Tanpa Pamrih…

NO Korupsi…

 

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |