Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Alumni Sharing Session “Leading for Organisational Impact”
Muchammad Febriyanto
Senin, 09 November 2020   |   89 kali

Semarang- Kepemimpinan terletak pada upaya mempengaruhi, dan menginspirasi bawahan untuk melakukan lebih dari kemampuannya” kutip Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY, Mahmudsyah dalam kegaitan webinar dengan tajuk ExTraSS (Executive Training Sharing Session) dengan tema “Leading for Organisational Impact, A Melbourne Business School Program” pada Kamis (05/11/2020).

Dalam kegiatan diinisiasi oleh Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan tersebut, kegiatan webinar dengan tema “Leading for Organisational Impact, A Melbourne Business School Program” merupakan rangkaian bertajuk ExTraSS (Executive Training Sharing Session) edisi ke-6 dan merupakan edisi penutup di tahun 2020 ini.

Acara tersebut merupakan kegiatan berbagi pengalaman oleh Mahmudsyah setelah sebelumnya mengikuti kegiatan shortcourse yang diselenggarakan oleh Melbourne Business School tanggal 5 s.d 9 Agustus 2019.

Dalam acara tersebut Mahmudsyah juga menyampaikan bahwa terdapat 3 ketrampilan dasar kepemimpinan, yaitu diagnosa, flexibilitas/matching, dan pengembangan kinerja.

Sedangkan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik terdapat 11 aspek kemampuan yang perlu dimiliki ataupun dikembangkan, yaitu:

1.       Dapat Dipercaya (Thrustworthiness)

2.       Mempengaruhi (Influencing)

3.       Bertanggungjawab (Responsibility)

4.       Komitmen (Comitment)

5.       Komunikatif (Communication)

6.       Umpan Balik (Feedback)

7.       Motivation (Memotivasi)

8.       Mendelegasikan (Delegating)

9.       Kreatif dan Inovatif (Creative and Inovative)

10.   Luwes (FlexibIlity)

11.   Memberi Solusi (Solution)

Setelah pemaparan materi selama kurang lebih 60 menit, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara pemateri dengan peserta kegiatan.

“Budaya hidup hari ini menjadi penentu hidup dan kesuksesan di masa depan… mulai lah perubahan dari diri sendiri… mulai dari yang kecil … mulai dari sekarang.” pesan Mahmudsyah pada akhir acara tersebut.

 (Penulis/ Fotografer: Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng DIY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini