Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Press Conference APBN Kita Regional Provinsi DKI Jakarta sampai dengan 30 November 2023
Rina Setyarini
Kamis, 28 Desember 2023   |   61 kali

Pada hari Rabu tanggal 27 Desember 2023 diselenggarakan Press Conference APBN Kita Regional Provinsi DKI Jakarta, yang diikuti oleh seluruh Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi DKI Jakarta. Dalam Press Conference ini dilaksanakan pemaparan kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) regional DKI Jakarta periode sampai dengan 30 November 2023.

Pada kegiatan yang diadakan secara daring ini, Kanwil DJKN DKI Jakarta diwakili oleh Didik Haryanto, Kepala Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta,  sebagai salah satu narasumber bersama dengan para perwakilan dari unit Kementerian Keuangan lainnya di wilayah DKI Jakarta. Didik Haryanto menyampaikan bahwa realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sampai dengan 30 November 2023 telah mencapai Rp378,35 Triliun atau 188,36 persen dari target, mengalami kenaika  signifikan yaitu sebesar 14,85 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Peningkatan disebabkan oleh meningkatnya penerimaan SDA, bagian laba BUMN, dan Pendapatan BLU.

Secara keseluruhan, perekonomian DKI Jakarta yang stabil ditandai dengan Indeks Keyakinan Konsumen berada di atas zona optimis dan inflasi yang terkendali. Kinerja APBN sampai dengan 30 November 2023 stabil dengan kondisi semua aspek pendapatan negara yang tumbuh positif dan belanja negara yang salah satunya berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan pemulihan pasca Covid 19. Kinerja APBD sampai dengan 30 November 2023 masih selaras dengan arah kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menopang kondisi perekonomian regional DKI Jakarta. Dukungan fiskal baik yang berasal dari APBN dan APBD terus diupayakan untuk berkontribusi nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Selengkapnya dapat disaksikan melalui Youtube Kanwil DJPB DKI Jakarta

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini