Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Konferensi Pers Kinerja APBN Wilayah Provinsi DKI Jakarta Sampai Dengan 31 Agustus 2023
Rina Setyarini
Selasa, 26 September 2023   |   229 kali

Jakarta – Senin (26/09) diselenggarakan Konferensi Pers Kinerja APBN Regional Provinsi DKI Jakarta periode sampai dengan 31 Agustus 2023 secara daring, yang diikuti oleh para perwakilan seluruh Unit Eselon I Kemenkeu Provinsi DKI Jakarta. Selain dihadiri oleh pers, kegiatan ini juga secara langsung disiarkan Live dan dapat dilihat kembali tayangannya melalui youtube Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan DKI Jakarta.


Pada kesempatan ini, Kanwil DJKN DKI Jakarta diwakili oleh Didik Hariyanto, Kepala Bidang Hukum Informasi dan Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara DKI Jakarta. Beliau menyampaikan Provinsi DKI Jakarta membukukan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp239,63 Triliun atau sebesar 119,30 persen dari target, mengalami kontraksi sebesar minus 0,77 persen menurun dari periode yang sama di tahun sebelumnya. ”Kontraksi ini disebabkan oleh penurunan penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lainnya dan Pendapatan BLU”, ujarnya.

Secara umum disimpulkan bahwa, Akselerasi perekonomian DKI Jakarta yang terus berlanjut memberikan optimisme untuk pemulihan ekonomi yang lebih cepat namun tetap mewaspadai ketidakpastian global akibat isu geopolitik. Kinerja APBN Regional DKI Jakarta s.d. Agustus 2023 tercatat surplus, didukung kinerja pendapatan dari penerimaan perpajakan yang meningkat serta realisasi belanja utamanya belanja modal peralatan dan mesin yang naik signifikan. Kinerja APBD DKI Jakarta s.d. Agustus 2023 juga tercatat surplus, utamanya berasal dari peningkatan penerimaan pajak daerah. Hal  tersebut selaras dengan upaya mempertahankan kemandirian ekonomi Jakarta sebagai kota global.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini