Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta Mendapatkan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi oleh Kemenpan RB
I Made Murdwarsa Febriyanta
Selasa, 21 Desember 2021   |   252 kali

Jakarta – Kanwil DJKN DKI Jakarta memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) yang diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada tanggal 20 Desember 2021. Acara tersebut diikuti secara virtual oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, para pejabat administrator, dan Pejabat Fungsional,


Pada acara kali ini Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, turut hadir dan memberikan pengarahan. Wakil Preseiden RI ke-13 ini selain memberikan ucapan selamat kepada penerima penghargaan juga berpesan dalam pengarahannya, “Komitmen mencegah korupsi harus termanifestasi ke dalam budaya kerja organisasi dan pelayanan publik yang prima. Upaya nyata harus terus dilaksanakan oleh seluruh unit kerja agar masyarakat dapat menikmati pelayanan cepat, mudah, murah dan inklusif.“


Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada awal acara tersebut juga menyampaikan ucapan selamatnya dan memberikan sambutan. Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menekankan menyampaikan tujuh perintah Presiden kepada Kabinet Indonesia Maju untuk dapat diketahui oleh seluruh pegawai di berbagai tingkat pemerintahan yaitu:

1.   Jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi

2.   Tidak ada visi menteri, tetapi yang ada adalah visi misi Presiden dan Wakil Presiden.

3.   Kerja cepat, keras, dan produktif.

4.   Jangan terjebak rutinitas yang monoton

5.   Kerja harus berorientasi pada hasil nyata. Tugas kita tidak hanya menjamin sent, tapi juga delivered.

6.   Selalu cek masalah di lapangan dan temukan solusinya.

7.  Semuanya harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang tidak bersungguh-sungguh, tidak serius, bisa saya copot di tengah jalan.


Bersama dengan Kanwil DJKN DKI Jakarta yang memperoleh predikatt WBK, pada acara ini sebanyak 558 unit kerja mendapatkan predikat WBK serta WBBM. Selain apresiasi dan penganugerahan predikat WBK serta WBBM, Tjahjo Kumolo didampingi Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus, dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron, menyerahkan apresiasi dan penghargaan kepada 10 pemimpin perubahan yang terdiri dari menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, dan wali kota yang dianggap telah berhasil mendorong dan memantik semangat pembangunan Zona Integritas di lingkungan instansinya. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan RI, termasuk dalam 10 pemimpin perubahan yang mendapatkan penghargaan dalam acara tersebut.

Termasuk Kanwil DJKN DKI Jakarta di dalamnya, terdapat 140 (seratus empat puluh) unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang memperoleh predikan WBK. Kementerian Keuangan juga berhasil mendapatkan predikat WBBM untuk 24 (dua puluh empat) unit kerjanya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini