Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knowledge Sharing Excellent Frontliner
I Made Murdwarsa Febriyanta
Kamis, 14 Mei 2020   |   355 kali

Jakarta (12 Mei 2020) – Pada hari Selasa 12 Mei 2020 dimulai pada pukul 10.00 pagi, Kanwil DJKN DKI Jakarta mengadakan knowledge sharing tentang Excellent Frontliner. Sharing knowledge kali ini disampaikan oleh nara sumber I Made Murdwarsa Febriyanta (Yanta) – pelaksana Seksi Informasi, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI), Kanwil DJKN DKI Jakarta yang telah mengikuti pelatihan tentang hal tersebut beberapa bulan sebelumnya. Karena saat ini seluruh pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta sedang menjalankan WFH (work from home) maka acara ini diselenggarakan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh pegawai dari rumah masing-masing.

Knowledge sharing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta, dimana kegiatan ini memberi kesempatan kepada pegawai yang telah mengikuti kegiatan workshop/diklat/seminar maupun kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk berbagi pengetahuan dan informasi positif yang didapat setelah mengikuti kegiatan tersebut. Sharing knowledge ini juga merupakan bagian dari pengembangan kompetensi pegawai dan pemenuhan jam pelatihan bagi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Acara ini dibuka dan dipandu oleh rekan-rekan dari Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta. Yanta memulai penyampaian materi terkait Excellent Frontliner dengan menjelaskan pengertian dari pelayanan publik yaitu pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai pelayanan prima, lima elemen kunci quality service (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness), dan keterampilan kunci untuk quality customer service (memahami organisasi anda, memahami produk/layanan, dan memahami customer anda).

Setelah membahas terkait pelayanan (service), Yanta memberikan penjelasan terkait penampilan yang baik secara profesional bagi pria dan wanita. Yanta menjelaskan beberapa kriteria umum berpenampilan yang baik secara profesional kemudian sembari menunjukkan beberapa contoh gambar penampilan profesional yang baik beserta contoh pakaian dan aksesoris mendukung yang dapat digunakan. Kemudian Yanta melanjutkan penjelasan mengenai Active Listening.(paraphrasing meanings, reflecting meanings, reflecting facts, synthesizing, dan imagining out loud), ditambah dengan penjelasan mengenai sifat baik dan sifat buruk yang terjadi ketika kita mendengarkan dan cara untuk mendengarkan lebih efektif.

Pada bagian akhir, Yanta menjelaskan mengenai cara mengelola emosi customer/pelanggan ketika memberikan pelayanan misal dengan mempersilakan duduk, minum dan mengkonsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Hal lain yang bisa dilakukan dengan menerapkan 3 kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan terima kasih. Di akhir penjelasannya, Yanta menjelaskan mengenai komunikasi efektif yaitu dengan menerapkan komunikasi verbal dan komunikasi non verbal yang baik. .    

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pegawai mengajukan pertanyaan yang kemudian ditanggapi oleh Yanta dan ditambahkan oleh pegawai lainnya. Tidak hanya pertanyaan, beberapa pegawai menyampaikan tanggapan, saran dan pendapat terkait materi yang disampaikan. Sesi tanya jawab dan penyampaian usul serta saran menjadi akhir dari acara knowledge sharing kali ini. 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini