Jakarta (12 Mei 2020) – Pada hari Selasa 12 Mei 2020 dimulai
pada pukul 10.00 pagi, Kanwil DJKN DKI Jakarta mengadakan knowledge sharing tentang
Excellent Frontliner. Sharing knowledge
kali ini disampaikan oleh nara sumber I Made Murdwarsa Febriyanta (Yanta) –
pelaksana Seksi Informasi, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi
(KIHI), Kanwil DJKN DKI Jakarta yang telah mengikuti pelatihan tentang hal
tersebut beberapa bulan sebelumnya. Karena saat ini seluruh pegawai Kanwil DJKN
DKI Jakarta sedang menjalankan WFH (work
from home) maka acara ini diselenggarakan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh pegawai
dari rumah masing-masing.
Knowledge sharing merupakan kegiatan yang
diselenggarakan oleh Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta, dimana
kegiatan ini memberi kesempatan kepada pegawai yang telah mengikuti kegiatan workshop/diklat/seminar maupun kegiatan
lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk berbagi
pengetahuan dan informasi positif yang didapat setelah mengikuti kegiatan
tersebut. Sharing knowledge ini juga
merupakan bagian dari pengembangan kompetensi pegawai dan pemenuhan jam
pelatihan bagi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.
Acara ini dibuka dan dipandu oleh rekan-rekan dari Sub Bagian
Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta. Yanta memulai penyampaian materi terkait Excellent Frontliner dengan menjelaskan
pengertian dari pelayanan publik yaitu pemberian layanan (melayani) keperluan
orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan
aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Kemudian dilanjutkan
penjelasan mengenai pelayanan prima, lima elemen kunci quality service (Reliability,
Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness), dan keterampilan kunci
untuk quality customer service
(memahami organisasi anda, memahami produk/layanan, dan memahami customer anda).
Setelah membahas terkait pelayanan (service), Yanta memberikan penjelasan terkait penampilan yang baik
secara profesional bagi pria dan wanita. Yanta menjelaskan beberapa kriteria
umum berpenampilan yang baik secara profesional kemudian sembari menunjukkan
beberapa contoh gambar penampilan profesional yang baik beserta contoh pakaian
dan aksesoris mendukung yang dapat digunakan. Kemudian Yanta melanjutkan
penjelasan mengenai Active Listening.(paraphrasing meanings, reflecting meanings, reflecting facts, synthesizing, dan imagining
out loud), ditambah dengan penjelasan mengenai sifat baik dan sifat buruk
yang terjadi ketika kita mendengarkan dan cara untuk mendengarkan lebih
efektif.
Pada bagian akhir, Yanta menjelaskan mengenai cara mengelola
emosi customer/pelanggan ketika memberikan pelayanan misal dengan mempersilakan
duduk, minum dan mengkonsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Hal lain yang
bisa dilakukan dengan menerapkan 3 kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan terima
kasih. Di akhir penjelasannya, Yanta menjelaskan mengenai komunikasi efektif
yaitu dengan menerapkan komunikasi verbal dan komunikasi non verbal yang baik. .
Setelah penyampaian materi,
acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pegawai mengajukan
pertanyaan yang kemudian ditanggapi oleh Yanta dan ditambahkan oleh pegawai
lainnya. Tidak hanya pertanyaan, beberapa pegawai menyampaikan tanggapan, saran
dan pendapat terkait materi yang disampaikan. Sesi tanya jawab dan penyampaian
usul serta saran menjadi akhir dari acara knowledge sharing kali ini.