Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Kilas Peristiwa
Agar Menjadi Insan Qurani, Kanwil DJKN Jawa Barat dan Bank Syariah Indonesia Peringati Nuzulul Quran Secara Daring
Nenden Maya Rosmala Dewi
Selasa, 04 Mei 2021   |   209 kali

Bulan Ramadhan, disebut juga sebagai Syahrul Quran, bulannya Al Quran, karena pada bulan Ramadhan Al Quran diturunkan. Sejatinya turunnya wahyu kepada Rasulullah Shalallaahualaihi Wassalam ini tidak hanya sekedar diperingati saja, tapi lebih kepada penghayatan dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari, itulah sepenggal cuplikan sambutan yang diberikan oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho dalam peringatan Nuzulul Quran bekerja sama dengan Bank BSI Area Bandung Raya secara daring(Senin 3/5). Lebih lanjut Tavianto juga menyatakan bahwa peringatan Nuzulul Quran harus benar-benar menjadi momentum umat Islam agar kembali membaca, menelaah dan memahami kandungan Alquran, karena Alquran tidak hanya berisi sejarah, moral dan aturan hukum saja, melainkan kajian ilmiah, isyarat alam serta ilmu pengetahuan modern. Peringatan Nuzulul Quran sejatinya menyadarkan manusia bahwa Alquran telah bersejarah dalam kehidupan manusia. Alquran menjadi petunjuk bagi manusia, sebagai pembeda antara yang haq dan yang bathil. Alquran juga mengisyaratkan untuk membaca dan mempelajarinya selama Ramadhan. Maka, diharapkan kita dapat memperoleh hidayah, memahami serta menerapkan penjelasannya. 

Peringatan nuzulul Quran kali ini juga dihadiri oleh Are Manager BSI Bandung Raya, Ega Gardewa, para Kepala KPKNL se wilayah Jawa Barat, para Kepala Cabang BSI se Bandung Raya, dan juga seluruh staf KPKNL dan Kanwil  Jawa Barat dan BSI. Hadir sebagai nara sumber adalah Ustadz Ardiansyah Ashri Husein.

Ustadz Ashri Husein dalam tausiahnya menyatakan bahwa untuk menjadi insan Qurani Al Quran harus dijadikan sebagai pedoman hidup sebagaimana dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 185 bahwa Al Quran adalah bulan yang didalamnya diturunkan  Al Quran sebagai petunjuk manusia dan pen jelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil. Diharapkan bulan Ramadhan ini dijadikan momentum dalam mempelajari Al Quran kemudian memahami dan mengamalkannya.

 

 

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini