Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kuatkan optimalisasi dalam Pengelolaan BMN serta peningkatan peran UMKM, Kemenkeu Jabar Ngahiji Gelar rapat Koordinasi
Hadiwijaya
Minggu, 14 Mei 2023   |   83 kali

Bogor - Berkenaan dengan perkembangan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan dan untuk meningkatkan sinergi dalam rangka efisiensi dan efektivitas kinerja, pelayanan, dan komunikasi pelaksanaan tugas Kementerian Keuangan di daerah, Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Perwakilan Triwulan II yang dilaksanakan di Bogor pada 11-12 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Cakti Satya Nagara, Jl. Ir. H. Juanda No.64, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tersebut dihadiri oleh para Kepala Kanwil dari seluruh unit eselon I Kementerian Keuangan di wilayah provinsi Jawa Barat.

 

Agenda utama yang dibahas pada kegiatan tersebut di antaranya terkait Road Map optimalisasi BMN Gedung Kantor, Rumah Negara, dan Data SDM pada Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Barat, serta penyusunan konsep rencana kerja Joint Program UMKM di wilayah Jawa Barat. Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho pada kesempatan tersebut menjadi salah seorang penyampai materi.

 

Terkait dengan  Road Map Optimalisasi Asset BMN di Lingkungan Kemenkeu Jabar pada kesempatan tersebut disepakati bahwa optimalisasi BMN ditujukan untuk Pemenuhan atas kebutuhan gedung kantor serta untuk  meningkatkan kesejahteraan SDM melalui penyediaan tempat tinggal/rumah dinas. Selanjutnya Road Map optimalisasi aset BMN tersebut akan disampaikan kepada Sekretariat Jenderal untuk memenuhi amanat dan arahan Wakil Menteri Keuangan.

 

Terkait Optimalisasi Aset BMN di Lingkungan Kemenkeu telah dipetakan kondisi aset BMN gedung kantor satuan kerja Kementerian/Lembaga di wilayah Jawa Barat dan rumah dinas untuk pegawai. Berdasarkan data yang dimiliki, terdapat 74 satuan kerja di wilayah Jawa Barat dan baru 69 Satker yang telah memiliki Gedung sendiri. Sedangkan terkait rumah dinas, Jumlah seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Jawa Barat berjumlah 6.378 pegawai. Dengan pegawai sejumlah tersebut kebutuhan rumah tinggal/rumah dinas adalah sekitar 3.760 unit, sedangkan rumah dinas yang ada hanya 700 unit. Jadi terdapat kekurangan rumah sekitar 3.060 unit.

 

Pada kesempatan tersebut telah terbentuk pula kelompok kerja UMKM yang bertujuan memberikan sumbangsih peningkatan ekonomi di Jawa Barat melalui pemberdayaan UMKM sekaligus juga untuk memenuhi IKU Perwakilan Kemenkeu Jabar. Rencana Kerja pemberdayaan UMKM pada tahun 2023 meliputi Sosialisasi dan edukasi, Bazar UMKM, Lelang UMKM.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah UMKM Binaan yang akan menjadi target kelompok kerja ini yaitu: 

  • Kanwil DJP Jabar 2 sebanyak 10 UMKM
  • Kanwil DJBC Jabar sebanyak 13 UMKM
  • Kanwil DJPb Jabar sebanyak 5 UMKM

(Tim Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini