Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pelatihan Service Excellence Kanwil DJKN Jabar dan KPKNL Bandung bekerjasama dengan Bank Mandiri
Hadiwijaya
Senin, 17 April 2023   |   91 kali

Bandung - Pelayanan publik yang berkualitas tentunya sangat didambakan oleh masyarakat pengguna jasa. Kemampuan memberikan pelayanan yang ideal dari seorang petugas front liner tentunya memiliki standar dan tentu saja tidak datang dengan sendirinya tetapi melalui pelatihan yang memadai.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kanwil DJKN Jawa Barat dan KPKNL Bandung bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Regional VI Bandung menyelenggarakan pelatihan Service Excellence untuk para pegawai, pada Jum’at (14/4).

Pada kesempatan sambutannya Kakanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho menyampaikan terkait dari semangat memberikan pelayanan, Kanwil DJKN Jawa Barat dan KPKNL Bandung telah memiliki tagline Mereenah dan SIP disamping core value Berakhlak untuk ASN secara keseluruhan dan Nilai-nilai Kementerian Keuangan untuk internal Kementerian Keuangan.

Tavianto menekankan bahwa apapun core value yang dilaksanakan pada prinsipnya untuk membuat stakeholder nyaman, menghasilkan pelayanan yang sesuai ekspektasi bahkan melebihi. Di samping itu, pelayanan perlu dilandasi dengan keikhlasan. Karena dengan keikhlasan akan membuat semua pihak merasa nyaman. Tidak hanya layanan kepada pihak eksternal tetapi juga kepada sesama pegawai (internal).

Selain itu Kakanwil juga menjelasakan bahwa layanan yang diberikan oleh Kanwil dan KPKNL berupa luring (tatap muka) dan daring (online). “Basic layanan kita adalah luring. Jadi siapa pun yang datang untuk meminta pelayanan semua harus dilayani,” tegas Kakanwil mengakhiri sambutannya.

Usai serah terima cendera mata, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi dari para Trainer Bank Mandiri Rizki Hiro dan Liza kusuma yang merupakan tim Service Quality Bank Mandiri.

Pemaparan pertama terkait dengan Customer Service dilaksanakan oleh Rizki Hiro. Pada kesempatan tersebut Hiro menekankan pada kemampuan personal dari seorang customer service dalam memberikan pelayanan. Seorang petugas frontliner harus memiliki kemampuan yang memadai dalam memberikan pelayanan. Hiro menyampaikan tentang pentingnya menumbuhkan mindset pelayanan pada petugas sebelum memberikan pelayanan.

Pemaparan yang kedua disampaikan oleh Liza Kusuma terkait dengan Customer Experience. Pada kesempatan ini Liza menekankan pada bagaimana membuat stakeholder mendapatkan kesan yang positif dari layanan yang kita berikan sehingga dapat meningkatkan reputasi dari organisasi. Untuk mendapatkan kesan yang baik tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan pelayanan dari seorang petugas pelayanan (customer service), tetapi semua aspeknya harus turut menunjang. Sebagai contoh adalah dengan menyediakan ruangan yang representatif dilengkapi dengan pendingin ruangan, dan berbagai fasilitas yang memudahkan dan membuat nyaman pengguna jasa. Dengan demikian akan membuat kesan yang baik di samping performa dari petugas yang memberikan pelayanan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para pegawai Kanwil DJKN Jawa Barat dan KPKNL Bandung dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang pelayanan publik sehingga dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa dengan sebaik-baiknya. (Tim Humas – Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini