Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dari Talkshow Infrastruktur Untuk Indonesia
Nur Dwiyanti
Rabu, 23 November 2022   |   63 kali

Pada Kamis, 17 November 2022 jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat mengikuti secara daring acara Talkshow Infrastruktur Untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Acara yang diselenggarakan secara daring ini bertujuan untuk menggali perspektif terkait perkembangan kinerja pembangunan infrastruktur dan manfaat berganda yang dihasilkan bagi masyarakat.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 200 peserta melalui zoom meeting ini menghadirkan narasumber Tama Zeinnya, Tim Vice President Inhouse Logistic Lazada E-Commerce, yang menjelaskan salah satu bisnis logistik yang dimiliki oleh lazada dan Bayu Tambiyaku, Entreprenur Agribisnis Milenial yang saat ini sedang mengembangkan potensi pertanian Sorghum.

Dalam sambutannya mengawali acara, Direktur LMAN, Basuki Purwadi menyampaikan bahwa alokasi dana APBN hingga 2022 untuk pendanaan lahan mencapai Rp134,5 triliun, dan dari alokasi tersebut, LMAN telah menyalurkan pendanaan pembebasan lahan sebesar Rp101,36 triliun dengan proporsi terbesar di jalan tol. “Alokasi dan realisasi tersebut merupakan perwujudan semangat yang tinggi untuk percepatan pembangunan infrastruktur untuk berbagai manfaat.”

Mengisi sesi 1, Tama Zeinnya menyampaikan bahwa pembangunan ekosistem infrastruktur sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis, apalagi untuk bisnis logistik seperti yang dimiliki oleh Lazada. Pembangunan infrastruktur memberikan dampak positif berupa pertumbuhan volume bahkan dapat mengantarkan Lazada menjadi perusahaan pengiriman tercepat dengan source jadebotabek ke Jawa Barat. Tidak berbeda jauh dengan Lazada, Bayu Tambiyaku pada sesi berikutnya juga menyampaikan betapa pembangunan infrastruktur lebih memudahkan kegiatan bisnis, distribusi bahan baku/hasil produksi dari hulu ke hilir sehingga dapat memangkas ongkos. Lebih lanjut dikemukakan oleh Bayu bahwa akses tol memudahkan untuk pengembangan lahan dan pabrik sorghum yang dikelolanya, terlebih lagi saat ini lahan pertanian sorghum sudah mulai dikembangkan di wilayah Pulau Jawa.

Perlu diketahui bahwa Sejak 2016 s.d. 2022 sebanyak 104 Proyek Strategis Nasional (PSN) telah dilakukan pendanaan lahannya oleh LMAN. Dari total PSN tersebut, sejumlah 50 PSN jalan tol dan 9 jalur kereta api untuk mendukung konektivitas telah didanai pembebasan lahannya dengan nilai mencapai Rp88,81 tiriliun. Sedangkan untuk mendukung ketahanan pangan, telah dilakukan pendanaan lahan pada 37 bendungan, 5 proyek irigasi dan 1 proyek air baku dengan nilai pembebasan lahan mencapai Rp11,68 triliun.

Infrastruktur transportasi yang terdiri dari jalan tol dan perkeretaapian dibangun agar berdampak pada penurunan biaya logistik, efisiensi waktu tempuh perjalanan, dan membuka aksesibilitas suatu daerah agar lebih mudah dijangkau dan mengurangi disparitas harga barang, yang diharapkan dapat berimplikasi pada peningkatan produktivitas dan akselerasi pembangunan ekonomi.

Komitmen, sinergi dan kolaborasi seluruh pihak dalam ekosistem pembangunan infrastruktur, menjadi salah satu penentu akselerasi pembangunan yang menghasilkan dampak berganda yang akan dirasakan bagi pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini