Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Road To Mofest 2022, Platform Eksplorasi untuk Sampaikan Aspirasi dan Kolaborasi dalam Pengelolaan APBN
Alamsyah
Jum'at, 01 April 2022   |   495 kali

Bandung - Ministry of Finance Festival (Mofest) merupakan festival tahunan Kementerian Keuangan yang menjadi platform eksplorasi bagi publik untuk menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi dalam pengelolaan APBN atau #UangKita. Mofest 2022 mengangkat tema Master Your Future (Taklukkan Masa Depanmu). Hal ini mengingat generasi muda saat ini akan menjadi pemain kunci dalam mewujudkan Indonesia Maju 2045. Untuk itu, Kemenkeu merasa perlu membekali generasi muda tersebut dengan pengembangan karakter dan potensi diri, inovasi, daya saing, berjejaring dan memahami potensi ekonomi Indonesia untuk bergerak bersama menuju Indonesia Maju 2045.

Kemenkeu mengadakan Road to Mofest (RTM) yang pertama  pada Kamis, (31/3) di Citylink Hotel Bandung. Kegiatan ini merupakan 


kolaborasi dan sinergi antar unit di lingkungan Kemenkeu yang akan mengawali rangkaian penyelenggaraan Mofest 2022, dilaksanakan secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, dengan dihadiri Para Mahasiswa, Komunitas, dan Masyarakat Umum di Jawa Barat. Adapun kegiatan RTM Bandung tersebut terdiri atas conference, talkshow, exhibition, dan music performance.


Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat dalam sambutannya pada acara conference menguraikan mengenai beberapa survey yang memprediksi bahwa Indonesia ke depannya akan menjadi salah satu negara dengan peringkat ekonomi Tertinggi di dunia. “Upaya untuk mewujudkan Indonesia Maju dengan meningkatkan kompetensi kita dan tentunya teman-teman mahasiswa yang ada disini agar lebih kuat dalam proses penguatan karena nantinya kelompok muda yang akan berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.


Kementerian Keuangan, lanjutnya, terus mendengarkan apa yang diinginkan oleh masyarakat dan melakukan evaluasi terus menerus dan sebagai tindak lanjutnya adalah menyesuaikan dengan kondisi-kondisi yang ada.


Acara conference, menghadirkan Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan sebagai narasumber yang antara lain menyampaikan mengenai bonus demografi akan dialami oleh Indonesia pada tahun 2030-2040, yang perlu dikelola dengan baik. Bonus demografi adalah Gen Zs dan Millenal diperkirakan akan berjumlah lebih dari 147 juta orang yang merupakan generasi produktif yang secara langsung menerima sekaligus memberi dampak pada dinamika ekonomi dan keuangan Indonesia.


Usai conference, Kanwil DJKN Jawa Barat menampilkan simulasi lelang, kemudian dilanjutkan dengan talkshow dengan beberapa narasumber yaitu: Febrian (Travel Influencer), Haidar Wirjanto (CEO PT. Es Teh Indonesia Makmur), Adhita Surya Permana (Kepala Divisi Sistem Informasi & Teknologi, PIP) dan Dian Amintapratiwi (Team Leader Strategi Komunikasi LMAN). Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara Mofest 2022 tersebut, terutama ketika diberi kesempatan untuk mengujungi Booth-Booth dari masing-masing Unit Kementerian Keuangan.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini