Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Waspada Penipuan Lelang
Alamsyah
Kamis, 21 Oktober 2021   |   177 kali

Bandung, 19 Oktober 2021. Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho, dan Kepala KPKNL Purwakarta, Nunung Eko Laksito, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai waspada penipuan lelang dalam acara Brukbrak yang disiarkan melalui TVRI Jawa Barat. Brukbrak yang dapat diartikan sebagai buka-bukaan, merupakan salah satu program talkshow TVRI Jawa Barat yang dikemas dalam bentuk hiburan namun memberikan pemahaman terkait kebijakan publik kepada pemirsa. Dalam acara yang ditayangkan pada tanggal 19 Oktober 2021 tersebut, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Kepala KPKNL Purwakarta, Yayan (Pengamat Kebijakan Publik) dan Dwi Agus Sulistyo (Kabid. Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Provinsi Jawa Barat) dipandu oleh Kang Icko (Fredericko Sinatria) berdiskusi tentang penipuan dan serba serbi lelang.


Tavianto Noegroho memberikan pemahaman awal kepada pemirsa mengenai perbedaan lelang yang dilayani oleh KPKNL/DJKN dengan lelang/tender. “Lelang (yang dilayani oleh KPKNL/DJKN) adalah penjualan barang, tender pembelian barang.”, ucap Tavianto.

Selanjutnya, Eko Laksito juga menyampaikan kelebihan-kelebihan lelang antara lain penjualannya terbuka untuk umum, penawaran tertinggi adalah pemenangnya, sudah tersedia lelang secara online, aman karena dilakukan oleh pejabat lelang, cepat dan efisien serta otentik (setiap pelaksanaan lelang terdapat risalah lelang), harga yang terbentuk juga merupakan harga optimal.

Dwi Agus Sulistyo menyambut DJKN sebagai salah satu mitra strategis dalam hal pengelolaan Barang Milik Daerah.


Mengenai penipuan lelang yang terjadi, Tavianto memberikan pemahaman bahwa info lelang dapat diakses melalui situs lelang.go.id dan apabila ada pertanyaan, dapat menghubungi call center 150991 selain itu pembayaran uang jaminan lelang tidak kepada rekening atas nama pribadi namun kepada virtual account KPKNL penyelenggara lelang.

Serba-serbi lelang dibahas dan didiskusikan bersama selama satu jam disertai dengan alunan musik tradisional Jawa Barat. Tayangan tersebut disiarkan secara langsung mulai pukul 17.00 WIB, namun rekaman tayangan tersebut dapat dinikmati kembali pada kanal Youtube TVRI Jawa Barat dengan judul Live Stream TVRI Jawa Barat Selasa 19 Oktober 2021 (youtube.com/watch?v=G547rw9NKgA) yang dimulai pada timeline 2:59:14. (Teks/Foto: Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini