Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Barang Milik Negara Bukan Hanya Sebagai Penghias Neraca
Tantri Dewayani
Kamis, 03 Mei 2018   |   243 kali

Bandung – Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung menyelenggarakan seminar akuntansi pada Kamis (3/5) dengan menghadirkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari sebagai narasumber utama. Pada kesempatan ini, Nuning membawakan materi terkait Laporan Keuangan Pemerintah Pusat yang secara khusus menggarisbawahi peran Barang Milik Negara dalam Neraca Pemerintah.

Acara seminar akuntansi ini merupakan acara puncak dari kegiatan Parade Akuntasi yang diselenggarakan oleh  Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sangga Buana YPKP. Rektor Universitas Sangga Buana YPKP,  Dr. H. Asep Effendi R., SE., M.Si., PIA., CFrA., CRBC menyambut baik kerjasama yang diberikan oleh Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat dalam menambah wawasan para mahasiswa, dan mengharapkan kerjasama antara institusi pendidikan dengan kalangan pemerintahan seperti ini dapat terus berlanjut demi terciptanya generasi penerus yang handal dan siap membangun bangsa dan negara tercinta.

 Acara yang diselenggarakan di Aula Universitas Sangga Buana YPKP Bandung ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor, Dekan, Kepala Program Studi Akuntansi serta civitas academika Universitas Sangga Buana YPKP dengan total peserta yang hadir kurang lebih 300 mahasiswa dan undangan. Kegiatan ini diliput oleh beberapa media eletronik dan cetak yaitu : TVRI Jawa Barat, Kompas TV, Bandung TV, Sangga Buana TV, Radio Ardan, Surat Kabar Harian Republika, dan Harian Mangle.

Dalam paparannya, Nuning secara tegas menyatakan bahwa Barang Milik Negara (BMN) bukan hanya sebagai penghias neraca pemerintah. Kekayaan negara berupa BMN menurut Nuning merupakan bagian dari aset tetap dalam komposisi neraca pemerintah. Menurut Laporan BMN dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2017 (unaudited), nilai total total aset yang dikelola DJKN adalah sebesar 6.879 triliun rupiah. Aset kelolaan DJKN tersebut terdiri dari BMN, investasi pemerintah, dan aset lainnya. Jumlah tersebut mencapai 88% nilai total aset pemerintah. Nuning juga mengajak para mahasiswa dan kalangan civitas akademika Universitas Sangga Buana YPKP Bandung untuk membangun kembali rasa cinta terhadap negara Indonesia. “Jangan terpaku memandang sesuatu dari sudut negatif, namun ciptakan semangat yang positif untuk kejayaan negeri tercinta” demikian tutur Nuning lebih lanjut. Saat menutup paparannya Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mengutip quotes dari Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani “Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia. Begitu Anda Mencintai, Berarti Anda Akan memberikan yang Terbaik “. 

Acara seminar akuntansi ini ditutup dengan pelaksanaan simulasi lelang oleh Tim KPKNL  Bandung. Saat mengakhiri acara, seluruh peserta menyanyikan lagu laskar pelangi untuk menggugah semangat merajut mimpi demi Indonesia lebih baik. (naskah : tantri, foto : okto Bidang KIHI)  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini