Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PNBP Lelang Melejit, Melampaui Target Triwulan I 2024
Mokhamad Irfi Naofal
Kamis, 21 Maret 2024   |   23 kali

Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari Bea Lelang  mencatatkan realisasi yang mengesankan yakni sekitar 4,4 Milyar dari dari target Triwulan I sebesar 3.4 Milyar. Informasi ini merupakan salah satu hal yang dibahas pada rapat koordinasi Pejabat Administrator Kanwil DJKN Banten yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2024 di ruang rapat Kanwil DJKN Banten.

Rapat koordinasi ini pertama kali dilaksanakan setelah adanya beberapa pergantian Pejabat Administrator pada Kanwil DJKN Banten di karenakan mutasi organisasi. Mengingat hal tersebut, penyamaan langkah dan sudut pandang menjadi salah satu poin utama dalam rapat koordinasi ini, agar langkah yang diambil Kanwil DJKN Banten dapat selaras dengan KPKNL dalam setiap kebijakan yang diambil.

Pembahasan Indikator Kinerja Utama (IKU) tetap masih menjadi topik utama dalam rapat koordinasi ini. Dari Pemaparan dari Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi didapatkan informasi bahwa ada 7 IKU yang sudah hijau sampai dengan pertengahan bulan Maret 2024.

Selain capaian lelang tersebut di atas, dari pengelolaan kekayaan negara mencatakan capaian yang menggembirakan. Dimana sertipikasi BMN yang pada Triwulan I ini belum ditargetkan realiasinya, ternyata membukukan capaian sebanyak 76 bidang tanah. Kepala Kanwil DJKN Banten, Djanurindro Wibowo, mengapresiasi pencapaian ini, dan mengharapkan capaian ini manjadi tolak ukur bagi bidang lain untuk terus bekerja cepat tanpa harus menunggu akhir tahun untuk melakukan percepetan.

Djanurindro Wibowo dalam kesempatan ini juga menekankan dalam pengurusan piutang negara untuk tidak gampang mengubah status piutang negara menjadi PSBDT. Maksimalkan kewenangan yang telah diberikan pada Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2022 tentang Pengurusan Piutang Negara Oleh Panitia Urusan Piutang. Terus proaktif untuk menjalin koordinasi dengan instansi terkait untuk mendapatkan informasi debitur yang sedetail mungkin.

Selain itu, Djanurindro Wibowo juga kembali mengingatkan para pejabat administrator untuk menjadi teladan yang baik bagi tim yang dipimpinnya. Integritas harus tetap dijaga dalam menjalankan tugas. Tidak hanya hal-hal besar, hal-hal kecil yang punya dampak negatif terhadap integrias harap juga terus menjadi perhatian seluruh pegawai. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini