Kanwil DJKN Banten
BERITA UTAMA
Dalam rangka menyebarluaskan informasi SUKUK Tabungan seri ST005, Kanwil DJKN banten bekerjasama dengan Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko mengadakan edukasi dan sosialisasi Sukuk Tabungan seri ST005 di Aula Kanwil DJKN Banten.(16/8)
Profil Kanwil DJKN Banten


Banten adalah sebuah propinsi di Pulau Jawa, yang dulunya merupakan bagian dari Propinsi Jawa Barat, namun dipisahkan sejak tanggal 4 Oktober 2000. Pusat Pemerintahannya berada di Kota Serang, dengan luas wilayah 9.160,70 km2  yang terdiri dari 4 Kota, 4 Kabupaten, 154 Kecamatan, 262 Kelurahan dan  1.273 Desa.

Provinsi Banten telah menjadi bagian dari sirkulasi perdagangan Asia dan Internasional. Keberadaan Provinsi Banten ini juga berperan penting bagi wilayah di sekitarnya. Wilayah Banten, terutama daerah Tangerang, merupakan wilayah penyangga bagi DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia. Karena letak yang strategis inilah Banten sering disebut sebagai “Gerbang Investasi”.

Kanwil DJKN Banten diresmikan pada tahun 2007 sebagai salah satu dari kantor vertikal DJKN yang semula bernama Kanwil VI DJKN Serang. Tahun 2010 berganti nama menjadi Kanwil DJKN Banten dan menempati gedung baru yang berada di Jl. Diponegoro No. 9 -11 Serang – Banten. Kanwil DJKN Banten menempati gedung yang berada di atas tanah seluas 3.135 m2.




Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 102/PMK.01/2008 tanggal 11 Juli 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kanwil DJKN Banten sebagaimana Kanwil DJKN lainnya mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang.

Saat ini Kepala Kanwil DJKN Banten dijabat oleh Ir. Nuning Sri Rejeki Wulandari, M.B.A, dengan dibantu oleh Kepala Bagian Umum, Syukri Asyhadhy; Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Wahjudi Prajogo; Kepala Bidang Penilaian, Miftahul Huda; Kepala Bidang Piutang Negara, Abdul Manaf; Kepala Bidang Lelang, Haposan Janyoss, serta Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, Sri Handayani.
Secara keseluruhan, SDM di Kanwil DJKN Banten sebanyak 49 pegawai.


Wilayah kerja Kanwil DJKN Banten meliputi kota/kabupaten wilyah Provinsi Banten, terbagi dalam 3 (tiga) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Banten terdiri dari: KPKNL Serang, KPKNL Tangerang I, KPKNL Tangerang II.  Kanwil DJKN Banten terdiri dari 5 Bidang dan 1 Bagian Umum. Lima Bidang tersebut antara lain:

1.   Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan rencana kerja, rencana strategik, laporan akuntabilitas kinerja, dan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan         risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis, penanganan perkara dan pemberian pendapat hukum, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengawasan implementasi sistem aplikasi, penyajian informasi dan hubungan masyarakat.

2.   Bidang Lelang mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan, evaluasi, verifikasi, dan pengembangan lelang, dan bimbingan terhadap Profesi Pejabat Lelang, dan Jasa Lelang, serta pengawasan         lelang.

3.   Bidang Piutang Negara mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pengurusan piutang negara, pemberian bahan pertimbangan atas usul penghapusan piutang        instansi pemerintah daerah, pencegahan bepergian ke luar negeri, paksa badan atau penyelesaian piutang negara, penyiapan bahan penetapan persetujuan/penolakan keringanan hutang, serta bimbingan teknis pengelolaan barang           jaminan dan pemeriksaan harta kekayaan atau barang jaminan yang tidak diketemukan milik penanggung hutang atau penjamin hutang.

4.   Bidang Penilaian mempunyai tugas melaksanakan pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, evaluasi dan bimbingan terhadap Penilai serta pelaksanaan kegiatan di bidang penilaian sumber daya alam, properti, properti  khusus dan usaha.

5.  Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara melaksanakan pemberian bimbingan teknis, evaluasi dan pelaksanaan penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, akuntansi, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan di bidang kekayaan negara.

6.    Bagian Umum melaksanakan terhadap penyediaan anggaran, sumber daya baik manusia, maupun sarana dan prasarana

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kanwil DJKN Banten senantiasa memegang teguh nilai – nilai Kementerian Keuangan. Di samping itu, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder, Kanwil DJKN Banten melayani dengan menjalankan mottonya yaitu :

S I L A T
Selalu Ikhlas meLayani sesuai Aturan dan Tuntas



Wilayah Kerja
Daerah Administrasi Pemerintahan Provinsi Banten Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan
Peta Lokasi Kanwil DJKN Banten
Alamat Kantor
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254) 210103
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id