Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembinaan Dan Verifikasi Kompetensi Penilai Pemerintah
Dita Angelia Dwi Hastuti
Selasa, 24 Juli 2018   |   317 kali

Serang-Selama tiga hari, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Banten melaksanakan kegiatan pembinaan dan verifikasi kompetensi (verkom) Penilai Pemerintah. Acara dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 20 Juli 2018 di Aula Lantai 4. Kepala Bidang Penilaian, Miftahul Huda membuka acara tesebut yang dihadiri oleh penilai di wilayah kerja banten  sebagai   fasilitator,  pegawai Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, Ludy Rahmanto dan Asih.

Acara dimulai dengan overview verkom penilai pemerintah selama rentang waktu 6  tahun dari tahun 2011-2017. Tujuan dari verkom ini diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk pembekalan pengetahuan penilaian dan peningkatan kualitas kompetensi penilai yang lebih baik, sehingga terwujud penilai pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar, transparan dan akuntabel yang dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan pengambilan keputusan.

Kegiatan verkom ini terdiri dari presentasi hasil penilaian, ujian tertulis dan kaji ulang. Presentasi hasil penilaian dilakukan  pemaparan kasus penilaian yang terjadi tiga tahun terakhir yang dilakukan oleh penilai yang mengikuti kegiatan. Dalam hal penilai tidak pernah melakukan penilaian dapat masuk dalam kelompok yang melaksanakan penilaian atau membuat presentasi terhadap kasus yang disiapkan oleh Kantor Pusat. Sementara untuk ujian tertulis terdiri dari 50 soal peraturan, 75 soal teori dan praktek, 20 soal dalam penyusunan laporan. Sementara itu kaji ulang merupakan hasil scoring kaji ulang  Laporan Penilaian selain pemanfaatan dan pemindahtanganan selama tahun 2017.

Pada tahun 2018, target nilai kompetensi verkom naik dibandingkan tahun yang sebelumnya dari minimal 63 menjadi minimal 65. Untuk memenuhi minimal nilai kompetensi para penilai sangat aktif pada saat presentasi hasil penilaian dan mempelajari bahan untuk ujian tertulis.   


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini