Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Realitas Di Balik Angka Harapan Hidup dan Indeks Kebahagiaan di Serang (2023)
Wisnu Herjuna
Rabu, 10 Januari 2024   |   179 kali

"Realitas Di Balik Angka Harapan Hidup dan Indeks Kebahagiaan di Serang (2023)"

 

Angka harapan hidup dan Indeks Kebahagiaan Hidup yang rendah di Serang pada tahun 2023 memunculkan berbagai pertanyaan dan keprihatinan. Serang termasuk dalam daftar kabupaten/kota di Provinsi Banten dengan umur harapan hidup terendah menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten. Namun, seiring dengan pengamatan mendalam, situasi di Serang mungkin tidak sepenuhnya mencerminkan gambaran yang diproyeksikan oleh statistik tersebut.

1. Konteks Ekonomi Terus Berkembang

Meskipun statistik menunjukkan angka yang rendah, Serang sebenarnya sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil. Adanya investasi dan peluang pekerjaan baru memberikan harapan untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, pertumbuhan ekonomi pada kuartal ini mencapai 4,97% pada tahun 2023, melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,94%.

2. Peningkatan Akses Kesehatan

Seiring pembangunan puskesmas baru dan peningkatan ketersediaan layanan kesehatan dasar, Serang membuat peningkatan signifikan dalam akses masyarakat terhadap perawatan kesehatan. Contohnya program pemeriksaan kesehatan rutin dan vaksinasi massal di berbagai kelurahan telah berhasil mencapai ribuan warga, meningkatkan kesadaran dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Melansir dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten, Program kesehatan menjadi sangat strategis karena merupakan bagian dari misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang tertuang dalam Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama program pembangunan Pemprov Banten pada tahun 2018 lalu, salah satunya melalui kebijakan yang mengarah pada upaya peningkatan pembangunan kesehatan di seluruh wilayah Banten berupa jaminan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan merasa aman dalam melakukan berbagai kegiatan kesehariannya.

 

3. Kualitas Lingkungan dan Kehijauan

Serang memiliki keindahan alam yang mempesona dan upaya nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Taman kota, dan upaya konservasi alam, menciptakan ruang hijau yang memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental warga.

Dikutip dari serangkota.go.id, Asisten Daerah (Asda) II, Yudi Suryadi menyatakan jika pihak Pemkot Serang dan Provinsi Banten akan terus bersinergi untuk membuka lahan penghijauan di Kota Serang. Hal ini dikarenakan target Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru mencapai 10 persen dari target 20 persen, dengan itu Pemkot Serang dan Provinsi Banten terus berupaya membuka RTH untuk kenyamanan masyarakat Serang.

Penambahan RTH ini untuk mempersiapkan program kota layak anak yang salah satu penunjangnya dengan adanya taman untuk anak dan orang tua.

4. Pendidikan yang Berkembang

Peningkatan dalam sektor pendidikan dapat memberikan harapan positif untuk masa depan. Adanya program-program inovatif dan peningkatan akses pendidikan di Serang membuka pintu bagi generasi mendatang untuk mengubah paradigma dan meningkatkan kualitas hidup.

Melalui program beasiswa dan peningkatan infrastruktur pendidikan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Serang. Dilansir dari Diskominfo Kabupaten Serang, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan bahwa pendidikan menjadi salah satu program skala prioritas Pemda Serang untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sejumlah program pendidikan yang diturunan yaitu, beasiswa untuk 1.300 siswa SD, beasiswa 1.392 siswa SMP, beasiswa 386 siswa SD-SMP penghafal Al-Quran, dan juga beasiswa perguruan tinggi yang dinikmati sekitar 1.268 mahasiswa sejak tahun 2017.

5. Kehidupan Sosial yang Kaya Akan Warisan Budaya

Warisan budaya yang kaya di Serang, seperti tradisi dan seni, memberikan nilai tambah bagi kebahagiaan hidup. Identitas budaya yang kuat seringkali menjadi faktor penting dalam membentuk kebahagiaan masyarakat.

Serang terkenal dengan kekayaan warisan budayanya, terus mempromosikan keberagaman dan keindahan budaya lokal. Festival Kaibon merupakan salah satu agenda tahunan yang dipromosikan oleh Pemerintah Kota Serang untuk menggali kepariwisataan dan peninggalan sejarah yang ada di Kota Serang.

Dikutip dari serangkota.go.id, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparpora Kota Serang Nursalim mengatakan tujuan diadakannya Festival Kaibon untuk mengangkat potensi-potensi budaya, kesenian, dan pelaku ekonomi kreatif khususnya.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan seni dan budaya mencerminkan rasa bangga akan identitas budaya mereka, yang menjadi pendorong utama kebahagiaan dan kesejahteraan emosional.

Jadi, meskipun angka harapan hidup dan Indeks Kebahagiaan Hidup di Serang menunjukkan tantangan, perlu diakui bahwa ada dinamika positif yang seringkali terabaikan dalam statistik. Melihat potret keseluruhan dengan cermat dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kondisi sosial dan ekonomi di Serang, dan membuka ruang untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Penulis : Rizka Maulina/Mahasiswa Untirta Jurusan Ilmu Komunikasi

 

Sumber :

Pertumbuhan Ekonomi Banten Tahun 2023 Capai 4,97 di Atas Rata-Rata Nasional = https://ppid.serangkota.go.id/detailpost/pertumbuhan-ekonomi-banten-tahun-2023-capai-4-97-di-atas-rata-rata-nasional

Gubernur: “Kesehatan Jadi Program Prioritas Utama Pembangunan Banten” = https://diskominfo.bantenprov.go.id/berita/gubernur-kesehatan-jadi-program-prioritas-utama-pembangunan-banten

Pemkot Serang & Provinsi Banten Akan Bersinergi Untuk Revitalisasi Taman-Taman di Kota Serang = https://serangkota.go.id/detailpost/pemkot-serang-provinsi-banten-akan-bersinergi-untuk-revitalisasi-taman-taman-di-kota-serang

Tutunkan Banyak Program, Pendidikan Jadi Prioritas Bupati Serang = https://diskominfosatik.serangkab.go.id/baca/turunkan-banyak-program-pendidikan-jadi-prioritas-bupati-serang

Promosikan Wisata dan Budaya Kota Serang Pemkot Adakan Festival Kaibon = https://serangkota.go.id/detailpost/promosikan-wisata-dan-budaya-kota-serang-pemkot-adakan-festival-kaibon

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini