Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Membangun Hubungan Baik dan Positif antara Rekan Kerja, Demi Kenyamanan Lingkungan Kerja
Wisnu Herjuna
Jum'at, 29 September 2023   |   1557 kali

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan yang lainnya untuk berinteraksi dalam menjalani aktivitas di setiap bidang kehidupan. Dalam dunia kerja pun, sangat diperlukannya komunikasi dan interaksi antara sesama rekan kerja untuk menunjang keperluan dan kegiatan kerja.

Namun, tentunya dalam proses komunikasi kerap kali terjadi hambatan atau noise. Hambatan-hambatan tersebut sangat beragam, entah itu hambatan personal (sikap, prasangka, emosi), Budaya (Bahasa dan Budaya), hambatan Fisik maupun lingkungan. Tentunya untuk membangun hubungan baik dan positif tersebut, harus mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada dengan cara memahami apa yang menjadi hambatan dalam berkomunikasi. Seperti contohnya jika hambatannya berupa bahasa, maka atasi dengan menganalisa apakah hambatannya karena perbedaan bahasa atau bahasa yang digunakan terlalu sulit untuk dipahami, oleh karena itu solusinya menggunakan bahasa yang dipahami secara sederhana dan mudah dipahami.

Lalu bagaimana cara membangun hubungan baik dan positif antara rekan kerja? Diantaranya:

1.      Menerapkan 3S, Senyum, Sapa dan Salam kepada rekan kerja. Hal ini tentunya memberi suasana positif dalam lingkungan kerja.

2.      Mengadakan perkumpulan pegawai sebulan sekali untuk menjalin hubungan baik dan mempererat tali silaturahmi dengan seluruh pegawai kantor, seperti contohnya pada Kanwil DJKN Banten, tiap 2 minggu sekali mengadakan GSP (Galang Sapa Pagi), baik offline maupun online. Kegiatan GSP tersebut dilakukan dengan knowledge sharing, games dan lainnya untuk membangun suasana dan hubungan yang baik dan juga positif antara rekan kerja.

3.      Menjalin komunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Agar memberi rasa tenang dan nyaman sehingga membangun aura yang positif antar rekan kerja.

4.      Bersikap ramah dengan rekan kerja, dengan bersikap ramah orang lain pun akan menerima dengan senang hati dan akan terbangun suasana yang positif dalam lingkungan kerja.   

5.      Saling menghargai dan menghormati sesama rekan kerja, tidak memandang umur sesama rekan kerja tentunya perlu untuk saling menghargai dan menghormati agar hubungan yang dibina terjalin secara baik dan positif.

6.      Berperilaku baik dan jujur terhadap rekan kerja agar terbinanya hubungan jangka panjang yang baik antara rekan kerja.

7.      Saling membantu sesama rekan kerja. Jika rekan kerja mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, mari mengulurkan tangan untuk membantu sehingga akan terciptanya hubungan baik dan positif antar rekan kerja.

8.      Saling bersenda gurau untuk membangun keakraban dan melenturkan kekakuan antara rekan kerja.

9.      Dan lain sebagainya.

Mengapa penting memiliki hubungan yang baik dan positif?

Tentunya memiliki hubungan yang baik dan positif cenderung akan menimbulkan perasaan bahagia dan rasa nyaman di tempat kerja. Perasaan bahagia dan nyaman di tempat kerja ini akan memberikan dampak yang positif pula pada kinerja dan produktivitas para pegawai yang lebih baik lagi, karena terbantu oleh lingkungan kerja yang nyaman dan positif tersebut. Lain halnya jika lingkungan kerja tidak memiliki kenyamanan bagi para pegawainya, maka timbul suasana negatif dalam diri pegawai seperti ingin menyendiri, ingin cepat pulang, dan lainnya. Hal ini juga bisa menjadi pengaruh yang menjadi hambatan dalam kinerja dan produktivitas pegawai.

Oleh karenanya, penting bagi tiap-tiap pegawai untuk membangun hubungan yang baik dan positif antara sesama rekan kerja agar membangun lingkungan kerja yang nyaman dan juga positif, yang mana memberikan dampak yang baik bagi kinerja dan produktivitas para pegawainya.

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini