Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kakanwil Balinusra: Seorang Penilai Haruslah Selalu Meng-update Kemampuannya
N/a
Rabu, 30 Maret 2016   |   780 kali

Denpasar – Direktorat Penilaian mengadakan kegiatan verifikasi kompetensi (quality assurance) Penilai DJKN pada 22 – 24 Maret 2016, bertempat di aula Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra). Acara tersebut diikuti oleh 27 peserta di lingkungan Kanwil Balinusra dan unit vertikalnya.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kanwil Balinusra Etto Sunaryanto. Dalam sambutannya, Etto menyampaikan tujuan dilaksanakannya verifikasi kompetensi penilai DJKN ini adalah untuk mengukur sejauh mana kompetensi seorang penilai. Seorang penilai harus selalu meng-update kemampuannya dari waktu ke waktu. “Penilai pemerintah yang pada awalnya hanya untuk keperluan perpajakan seperti Penilai Pajak Bumi dan Bangunan, dalam perkembangannya kini telah memiliki peran yang makin besar, tidak hanya melakukan penilaian dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tetapi juga untuk keperluan pemanfaatan dan pemindahtanganan BMN,” ujar Kakanwil yang menggemari olahraga voli ini.

Selanjutnya Etto juga mengungkapkan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara melalui sektor pajak, salah satunya melalui revaluasi aset BUMN/D juga memberikan kepercayaan kepada penilai pemerintah untuk memberikan jasanya guna melakukan penilaian kembali atas aset BUMN/D sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor  233 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Peraturan Menteri Keuangan Nomor  191/PMK.10/2015 tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap untuk tujuan Perpajakan bagi Permohonan yang diajukan pada tahun 2015 dan tahun 2016. Di akhir sambutan Etto Sunaryanto mengingatkan kepada para penilai untuk lebih hati-hati dalam melakukan penilaian. ”Yang terpenting adalah prosedur harus selalu dilalui. Setiap pekerjaan pasti ada risikonya, oleh karena itu kita harus memitigasi risiko pekerjaan penilaian,”tuturnya.

Di akhir kegiatan diselenggarakan tes quality assurance yang diikuti oleh seluruh peserta. Kepala Bidang Penilaian menjelaskan tes quality assurance ini diselenggarakan dengan tujuan agar setiap penilai di lingkungan Kanwil Balinusra dapat mengetahui kualitas dan kompetensinya, diharapkan ke depan semua Penilai dapat lebih meningkatkan kompetensinya sesuai dengan perkembangan kompetensi terkini.(Penulis/Foto: Zul/Ferry, Edited: Bidang Penilaian)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini