Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Aceh dan LPEI Kembali Kolaborasi Dengan Kanwil Kemenkumham Aceh
Novrizal
Minggu, 25 September 2022   |   110 kali

Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Aceh dan LPEI yang di lead oleh Kanwil DJKN Aceh kembali berkolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham Aceh dan Pemerintah Aceh selenggarakan koordinasi secara virtual pada Jumat, 23 September 2022.

Kepala Bidang Lelang Novrizal selaku Duta Transformasi sekaligus Ketua Bidang Peningkatan Kapasitas UMKM dan Eksport Tim Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pemberdayaan Ekonomi Serta Kesejahteraan Masyarakat Aceh Kanwil DJKN Aceh menyampaikan bahwa kelanjutan program Coaching Program For New Exporter (CPNE) akan dilaksanakan secara offline di Gedung D Gedung Keuangan Negara Banda Aceh dan secara online melalui media zoom pada tanggal 28-29 September 2022. Pelaksanaan CPNE kali ini untuk kategori UMKM Potensial Eksport dan Siap Eksport khususnya yang mengikuti secara offline..

Sama seperti kegiatan sebelumnya di kategori Expert Eksport, Kanwil DJP Aceh akan menyampaikan materi terkait Pembukuan Pajak UMKM dan Jasa pencatatan pembukuan. Kanwil DJPb Aceh  akan menyampaikan materi terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Dana Bergulir Ultra Mikro (UMi). Kanwil DJBC Aceh akan menyampaikan fasilitas eksport untuk UMKM. Kemudian Kanwil Kemenkumham Aceh akan menyampaikan materi terkait pendaftaran HAKI dan pendaftaran perseroan perseorangan. Sedangkan dari LPEI akan mendatangkan narasumber yang juga praktisi eksport, dimana narasumber meminta profil peserta serta peserta offline agar membawa contoh produk mereka.

Perwakilan Pemerintah Aceh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan meminta agar dari Kanwil DJBC juga menyampaikan materi terkait Pemberitahuan Eksport Barang (PEB). Sedangkan Dinas-Dinas terkait lainnya menyampaikan siap mendukung suksesnya acara dengan membantu penyampaian pelaksanaannya kepada para pelaku UMKM yang sudah terdaftar.

       Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG mengharapkan agar kegiatan kali ini lebih bagus dan lebih terekspose di banding sebelumnya karena melibatkan Kemenkeu Satu Aceh, LPEI, Kanwil Kemenkumham Aceh dan Pemerintah Aceh. Dari hasil kegiatan tahun ini diharapkan tahun depan sudah ada dampaknya kepada para calon eksporter, dan tahun depan agar LPEI dapat melaksanakan program yang lebih tinggi levelnya seperti pembiayaan yang selama ini sering menjadi kendala para pelaku UMKM calon ekporter. (narasi/foto : Novrizal/Annisa)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini