Kanwil DJKN Aceh
BERITA UTAMA
Nizar meminta kepada pejabat yang baru agar meningkatkan dedikasi dan segera beradaptasi sehingga tugas dan fungsi serta mensukseskan penilaian kembali Barang Milik Negara (BMN). Ia juga berpesan kepada seluruh insan DJKN Aceh agar senantiasa menjunjung t
Profil Kanwil DJKN Aceh

Terletak di ujung barat pulau Sumatera, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh yang merupakan salah satu instansi vertikal di lingkungan DJKN berkpirah dalam melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang sesuai dengan Tugas dan fungsi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 170/PMK.01/2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Kantor Wilayah yang diresmikan pada Tahun 2007 ini berlokasi di Gedung C, Lantai 2 Gedung Keuangan Negara (GKN), Jalan Tgk. Chik Di Tiro, Banda Aceh.

Saat ini Kanwil DJKN Aceh di bawah Komando Kepala Kanwil Kurniawan Nizar yang dibantu oleh Kepala Bagian Umum Budi Prayitno, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Agus Setiyo Pambudi, Kepala Bidang Penilaian Odi Renaldi, Kepala Bidang Piutang Negara Joko Juwiyanto, Kepala Bidang Lelang Bono Yudianto dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi Yoni Ardianto .

Wilayah kerja Kanwil DJKN Aceh meliputi seluruh wilayah Propinsi Aceh yang terdiri dari 23 Kabupaten/Kota yang terbagi dalam wilayah kerja KPKNL Banda Aceh yang dikomandoi oleh Gatot Muharto dan KPKNL Lhokseumawe yang dipimpin oleh Teddy Suhartadi Permadi. 

Wilayah kerja KPKNL Banda Aceh, meliputi:

1. Kota Banda Aceh 8. Kab. Nagan Raya
2. Kab. Aceh Besar 9. Kab. Aceh Barat Daya
3. Kota Sabang 10. Kab. Aceh Selatan
4. Kab. Pidie 11. Kab. Aceh Singkil
5. Kab. Pidie Jaya 12. Kab. Simeulue
6. Kab. Aceh Jaya 13. Kota Subulussalam
7. Kab. Aceh Barat

 

Wilayah kerja KPKNL Lhokseumawe, meliputi:

1. Kota Lhokseumawe 6. Kab. Aceh Tengah
2. Kab. Aceh Utara 7. Kab. Bener Meriah
3. Kab. Bireuen 8. Kab. Aceh Tenggara
4. Kab. Aceh Timur 9. Kab. Gayo Lues
5. Kota Langsa 10. Kab. Aceh Tamiang


Sumber Daya Manusia yang dimiliki Kanwil DJKN Aceh sampai dengan bulan Mei 2018 sebanyak 38 pegawai dengan komposisi 5 (lima) orang golongan IV, 24 (dua puluh empat) orang golongan III, dan 9 (sembilan) orang golongan II.

Kinerja Organisasi Kanwil DJKN Aceh dari tahun ke tahun, yaitu 2015 sebesar 116,01, tahun 2016 116,38 dan tahun 2017 112,40. Jajaran Kanwil DJKN Aceh optimis NKO pada tahun 2018 akan meningkat. Selain itu, Kanwil DJKN Aceh telah mencatat berbagai prestasi sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), diantaranya:

1. Tingkat Kematangan Penerapan Manajemen Risiko (TKPMR)

Dalam pengelolaan organisasi khususnya tingkat penerapan manajemen risiko pada Kanwil DJKN Aceh yang telah dilakukan penilaian oleh Inspektorat Jenderal selaku Compliance Office for Risk Management di Lingkungan Kementerian Keuangan mendapatkan nilai sebesar 71,38 atau berada pada Level Risk Defined di tahun 2015.

2. Percepatan Sertifikasi BMN Berupa Tanah dan Pengelolaan aset esk BRR NAD-Nias

Kanwil DJKN Aceh berhasil meraih peringkat pertama dalam percepatan sertifikasi BMN berupa tanah di tahun 2014.

3. Pengelolaan Aset Eks. BRR NAD-Nias

Kanwil DJKN Aceh memiliki kekhususan dibanding Kanwil DJKN lainnya. Hal ini disebabkan selain menangan pengelolaan kekayaan negara umunya, juga diamanatkan untuk melakukan pengelolaan atas aset eks. Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias pasca bubarnya Tim Likuidasi BRR NAD-Nias.

INOVASI

Para punggawa Kanwil DJKN Aceh terus mengembangkan komptensi continius improvement  dengan menciptakan inovasi yang memudahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta meingkatkan pelayanan kepada stakeholders. Inovasi yang berhasil diciptakan, yaitu:

1. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penilai Aceh (SIMPENA)

Inovasi yang diinisiasi oleh Bidang Penilaian ini menyajikan informasi para penilai di lingkungan Kanwil DJKN Aceh dan membantu pimpinan untuk    mengambil keputusan terkait penialan.

2. Aplikasi Sistem Pengelolaan Piutang Negara

Sistem yang dibuat oleh Bidang Piutang Negara ini sebagai alat monitoring dan penyiapan bahan pembinaan kepada KPKNL dengan menyajikan informasi terkait perkembangan proses pengurusan piutang negara.

3. Forum Sinergi Antar Bidang untuk Kinerja (SANGER)

Keterbatasan jumlah SDM pada Kanwil DJKN Aceh, menginisiasi Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi sebagai supporting unit untuk menyiapkan wadah bagi insan Kanwil DJKN Aceh untukmenyebarkan informasi sehingga insan DJKN Aceh menjadi pegawai yang multi talent.

4. Survey Online Employee of The Week

Guna menunjang kinerja para pegawai di Kanwil DJKN Aceh, telah dilakukan pemilihan employee of the week terhadap pejabat eselon IV dan pelaksana. Inovasi yang diciptakan oleh Bagian Umum ini memudahkan para pegawai untuk memilih employee of the week secara online.  

LAIN-LAIN

Kerjasama dengan pihak eksternal dalam bidang penilaian antara DJKN dan Pemerintah Daerah dalam rangka penilaan Barang Milik Daerah maupun kerjasama dalam bidang lelang dengan bank-bank swasta/nasional di daerah Propinsi Aceh. Pengurusan Piutang Negara, dan Lelang, serta layanan pendukung lainnya diberikan berdasarkan Standard Operating Procedures (SOP) yang telah ditetapkan dan selalu diselesaikan lebih cepat daripada waktu SOP.


Wilayah Kerja
Provinsi Aceh
Prestasi Kanwil DJKN Aceh
Meraih nilai 71,38 (Risk Defined) dalam penilaian Tingkat Kematangan Penerapan Manajemen Risiko (TKPMR)
Peringkat Pertama dalam Pelaksanaan Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2014
Peta Lokasi Kanwil DJKN Aceh
Alamat Kantor
Jalan Tgk. Chik Ditiro Gedung C Lt. 2 (GKN) Banda Aceh - 23001
(0651) 28220
(0651) 28217
kanwildjkn1@kemenkeu.go.id