Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Aceh Gelar Rapat Tindak Lanjut Pemanfaatan Lahan Bantaran Kanal Banjir Krueng Aceh
Anton Wibisono
Jum'at, 23 Juli 2021   |   122 kali

Banda Aceh – Sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pemberian bimbingan teknis, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan di bidang pengelolaan kekayaan negara, Kanwil DJKN Aceh pada hari Jumat tanggal 16 Juli 2021 melaksanakan Layanan Terpadu Kekayaan Negara (Lantera KN) dalam bentuk sosialisasi Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) terkait Tindak Lanjut Pemanfaatan Lahan Bantaran Kanal Banjir Krueng Aceh. Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Aceh pada tanggal 1 Juli 2021 yang salah satu hasilnya adalah Kanwil DJKN Aceh memfasilitasi sosialisasi persyaratan permohonan pemanfaatan bantaran kanal banjir Krueng Aceh.

Kegiatan secara daring ini dihadiri oleh jajaran Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Banda Aceh, Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Biro Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Aceh, Asisten Teritorial Kodam Iskandar Muda, para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yang daerahnya berada di kawasan bantaran kanal banjir Krueng Aceh.

Dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG selaku pimpinan rapat yang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan BUMG yang telah meluangkan waktu untuk mendapatkan informasi mengenai pemanfaatan BMN berupa lahan bantaran kanal banjir Krueng Aceh. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Aceh, T. Robby Irza yang mengapresiasi rapat yang diinisiasi oleh Kanwil DJKN Aceh sehingga dapat menjadi ajang diskusi bersama dan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat gampong terkait tata cara pemanfaatan lahan bantaran kanal banjir Krueng Aceh yang merupakan BMN.

Pemaparan materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Aceh, Agus Setiyo Pambudi, dengan menyampaikan ketentuan umum terkait tata cara pemanfaatan BMN melalui mekanisme sewa kepada para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan BUMG. Tak lupa juga sebagai Pengguna BMN lahan bantaran kanal banjir Krueng Aceh yaitu BWSS I yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha BWSS I, Khalid menjelaskan mengenai aturan peruntukan penggunaan lahan yang diperbolehkan di sepanjang kanal banjir Krueng Aceh.

Antuasiasme dari para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan BUMG terkait pemanfaatan BMN membuat tanya jawab dengan narasumber berlangsung dengan hangat dan baik. Dipenghujung rapat, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Aceh, Syafriadi, menyambut baik adanya diskusi mengenai rencana pemanfaatan bantaran kanal banjir Krueng Aceh yang tentunya akan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar lahan. Tak lupa, Syafriadi juga mengingatkan para Keuchik untuk dapat menggunakan dana desa sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) yang telah ditetapkan.

Kegiatan diakhiri dengan closing statement oleh Syukriah HG yang menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Aceh dan KPKNL Banda Aceh membuka diri seluas-luasnya dan siap untuk melayani para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan BUMG yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pemanfaatan bantaran kanal banjir Krueng Aceh. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadi pedoman bagi para Camat, Keuchik Gampong, dan perwakilan BUMG dalam pemanfaatan BMN sehingga dapat meningkatkan tata kelola kekayaan negara sekaligus menyumbang peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat sekitar kanal banjir Krueng Aceh. (narasi/foto : aulia rahman)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini