Berita DJKN

Visit DJKN 2017 Kanwil DJKN Jawa Barat : “Kenali Negeri, Cintai Negeri”

Rabu, 11 Oktober 2017 pukul 15:28:19   |   131 kali

Bandung - Sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di wilayah Jawa Barat, Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fungsi dan peran DJKN. Untuk itu, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun DJKN yang ke-11, Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat menyelenggarakan acara Visit DJKN Tahun 2017 dengan tema “Kenali Negeri, Cintai Negeri”, Rabu (11/10/2017).

Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat Nuning Sri Rejeki Wulandari dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peranan DJKN selaku pengelola aset negara serta tugas-tugas lainnya yaitu pengurusan piutang negara dan pelaksanaan lelang. Nuning mengharapkan setelah kegiatan ini, para pelajar akan mengetahui begitu besarnya nilai kekayaan negara kita, akan dapat menambah wawasan dan membuka mata para generasi muda khususnya pelajar untuk semakin mencintai negara Indonesia.

Peserta kegiatan Visit DJKN 2017 ini adalah para pelajar yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Bandung dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pasundan I Bandung, sejumlah 60 (enam puluh) pelajar, serta 3 (tiga) orang pendamping dari masing-masing sekolah yaitu Kepala Sekolah dan guru/wali kelas/pejabat yang ditunjuk.

Sasaran para pelajar SMA dan SMK sebagai peserta/audiens dengan maksud dapat memperluas jangkauan informasi mengenai DJKN kepada seluruh lapisan masyarakat. Sedangkan pemilihan SMA Negeri 7 dan SMK Pasundan I karena sekolah tersebut masuk dalam kategori  baik di kota Bandung.

Tema “Kenali Negeri, Cintai Negeri” dipilih karena dianggap relevan dengan kegiatan besar yang sedang diselenggarakan oleh DJKN saat ini yaitu Revaluasi BMN. Selain menyampaikan betapa kaya negeri kita, pada acara dimaksud juga dilaksanakan simulasi pelaksanaan lelang dengan peserta lelang para pelajar yang hadir. Kegiatan ini bertujuan agar para pelajar mengetahui bahwa salah satu sumber pembiayaan negara Indonesia adalah berasal dari penerimaan negara bukan pajak yang diperoleh melalui pemanfaatan BMN, pelaksanaan lelang serta underlying asset untuk penerbitan SBSN.

Suasana visit DJKN kali ini memang terasa berbeda dengan kehadiran para pelajar yang demikian polos dan antusias. Celetukan khas remaja mewarnai acara interaktif dan menambah kemeriahan suasana. “Dengan suasana yang demikian hidup, proses pembelajaran terhadap anak-anak didik menjadi lebih mengena dan mudah dicerna”, ucap Udin SPd, Wakil kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana SMAN 7 yang ikut mendampingi anak didiknya dalam kegiatan ini. SMAN 7 mengirimkan satu kelas secara utuh, karena menganggap acara visit DJKN ini dapat memberikan tambahan wawasan terhadap anak didiknya.

Ista fiani Ambarwati S.Ag, Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri SMK Pasundan I dengan tulus mengucapkan terima kasih dan mengacungkan jempol atas kegiatan visit DJKN ini, karena para siswa didiknya mendapat pembelajaran baru tentang tugas dan peran Kementerian Keuangan, khususnya dalam mengelola dan menjaga aset negara. Ista berjanji akan meneruskan hasil dari kegiatan visit DJKN ini kepada siswa lain di sekolahnya, agar semua informasi yang didapat tentang DJKN dan peranannya dalam pengelolaan aset negara dapat tersebar lebih luas lagi.

Kegiatan visit DJKN juga diliput oleh TVRI Stasiun Jawa Barat. Keseruan acara semakin meningkat saat pelaksanaan simulasi lelang. Tim dari KPKNL Bandung di bawah pimpinan Kepala KPKNL Viveryanti melaksanakan lelang barang-barang yang telah disiapkan oleh seluruh jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat untuk memeriahkan simulasi lelang ini, mulai dari Headphone, seterika, powerbank, kompor gas, helm, jaket, jam dan handphone. Para pelajar dan guru pendamping diminta berpartisipasi dalam lelang tersebut, dengan mengikuti proses sejak awal mulai dari pendaftaran dan penyetoran uang jaminan. Simulasi lelang ini menjadi puncak dari acara visit DJKN, karena tim lelang KPKNL Bandung berhasil membuat suasana semakin meriah sehingga seluruh barang yang dilelang laku terjual.

Acara visit DJKN ditutup pada pukul 13.00 WIB. Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mengucapkan terima kasih atas antusiasme dari para pelajar serta guru pendamping, dan meminta para pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar pada saatnya kelak siap untuk menerima tongkat estafet menjadi pemimpin negeri yang kita cintai ini. (naskah : tantri, foto : Dady, Seksi Informasi Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat).

 

Foto Terkait Berita