Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Kejar PNBP Pengelolaan BMN, KPKNL Serang Lakukan Sosialisasi pada Satker BBWS Cidanau Ciujung Cidurian
Ferdinandus Andreas
Jum'at, 12 November 2021   |   207 kali

Serang - Jumat (12/11), KPKNL Serang melaksanakan kegiatan sosialisasi pengelolaan BMN pada satuan kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian. Sosialisasi disampaikan oleh pegawai KPKNL Serang pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Didit Prasetyo dan Agung Prih Handoyo. Peserta dari kegiatan ini adalah beberapa perwakilan pegawai pada BBWS Cidanau Ciujung Cidurian.

Sosialisasi ini menitikberatkan pada pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) khususnya sewa BMN sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara. Seperti diketahui sewa BMN merupakan pemanfaatan BMN oleh pihak lain dalam jangka waktu tertentu dan menerima imbalan uang tunai. Didit mengawali sosialisasi dengan menjelaskan kepada peserta bahwa salah satu fokus pengelolaan BMN pada tahun depan adalah pemanfaatan BMN. “Karena dalam pemanfaatan BMN itu ada (potensi) PNBP, jadi mungkin ada BMN yang bisa disewakan, misalnya untuk kantin,” jelasnya.

Kemudian Didit juga menjelaskan persyaratan maupun prosedur untuk dapat melakukan pemanfaatan BMN melalui mekanisme sewa BMN. Pertama adalah satuan kerja melakukan analisis apakah ada BMN yang layak untuk dilakukan pemanfaatan BMN dengan mekanisme sewa. Kemudian satuan kerja sesuai kewenangannya menyampaikan permohonan/usulan kepada Pengelola Barang dalam hal ini KPKNL. “Setelah itu ada proses di KPKNL untuk melakukan analisis dan penilaian, jika telah memenuhi persyaratan maka akan diterbitkan surat persetujuan pemanfaatan BMN,” jelas Didit. Selanjutnya Pengguna Barang menerbitkan keputusan sewa BMN yang akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan perjanjian sewa dan pembayaran PNBP sewa BMN.

Sosialisasi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi mengenai pemanfaatan BMN berupa sewa. Pada kesempatan tersebut juga dibahas mengenai potensi pemanfaatan BMN berupa sewa yang spesifik ada pada satuan kerja BBWS Cidanau Ciujung Cidurian, seperti misalnya sewa BMN berupa alat berat. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong Pengguna Barang, khususnya BBWS Cidanau Ciujung Cidurian untuk melaksanakan pemanfaatan BMN berupa sewa guna meningkatkan PNBP dari pelngelolaan BMN di masa yang akan datang. (Humas KPKNL Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini