Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang II > Berita
KPKNL Tangerang II Kampanyekan Lelang Aman melalui lelang.go.id
Fariha
Jum'at, 29 Desember 2023   |   75 kali

Dalam era digital dan kemajuan teknologi, lelang online menjadi salah satu cara yang populer untuk membeli barang atau jasa. Namun, maraknya lelang bodong atau penipuan lelang telah menjadi ancaman serius bagi konsumen online. Penipuan semacam ini tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga merusak kepercayaan konsumen terhadap platform lelang online. Dalam rangka edukasi kepada masyarakat tentang lelang yang aman dan terpercaya, KPKNL Tangerang II melakukan sosialisasi lelang aman yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui lelang.go.id.

Jumat (8/12), pengunjung Alun-Alun Kota Tangerang II menjadi target sosialisasi edukasi lelang online oleh KPKNL Tangerang II. Pada kesempatan ini, KPKNL Tangerang II membagikan brosur lelang sekaligus memberikan edukasi singkat tentang penyelenggaraan lelang yang dilakukan oleh Pejabat Lelang pada instansi Pemerintah khususnya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Pejabat Lelang merupakan Pejabat umum yang diangkat oleh Menteri Keuangan untuk melaksanakan pelelangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga pelaksanaan lelang dapat berjalan dengan objektif dan aman.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, KPKNL Tangerang II mengenalkan platform lelang.go.id kepada masyarakat. lelang.go.id merupakan platform Pemerintah guna melaksanakan proses lelang secara online dimana peserta lelang tidak harus hadir dalam pelaksanaan lelang. Melalui platform tersebut, dapat dilihat berbagai variasi objek lelang seperti mobil, motor, rumah, ruko, pabrik, barang elektronik, barang inventaris dan lainnya. KPKNL juga memberi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk UMKM melalui lelang.go.id.

Pelaksanaan lelang secara online dapat mengurangi resiko kecurangan karena adanya mekanisme yang transparan dan akuntabel. Dengan demikian, lelang dapat menjadi instrumen yang efektif untuk mencapai efisiensi dalam pengadaan barang. Diharapkan dengan adanya platform lelang.go.id, penyelenggaraan lelang dapat mencakup masyarakat dengan skala yang lebih luas dengan berbagai variasi objek lelang. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukaasih, Tangerang
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknltangerang2@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini