Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tangerang I > Berita
Monitoring dan Evaluasi Revaluasi BMN KPKNL Tangerang I
Apit Rina Wahidah
Selasa, 18 September 2018   |   265 kali

Tangerang – Pelaksanaan kegiatan penilaian kembali Barang Milik Negara (Revaluasi BMN) Tahun Anggaran 2017 dan 2018 telah selesai dilakukan oleh KPKNL Tangerang I secara TUNTAS.  Terkait dengan hasil kegiatan Revaluasi BMN yang telah dilakukan secara TUNTAS tersebut, KPKNL Tangerang I menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi dengan mengundang seluruh Satuan Kerja di wilayah KPKNL Tangerang I. Acara digelar di Aula Serbaguna KPKNL Tangerang I pada Kamis - Jumat (13-14/09/2018) dihadiri oleh perwakilan dari seluruh satuan kerja yang berada di wilayah KPKNL Tangerang I.


Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti. “Dalam kegiatan ini, DJKN dalam hal ini KPKNL Tangerang I mengajak satuan kerja untuk merapikan semua dokumen terkait dengan kegiatan Revaluasi BMN agar pelaksanaan Revaluasi BMN yang sudah tuntas juga berkualitas sehingga hasilnya dapat diusahakan menuju kesempurnaan. Meskipun adanya kesalahan dapat ditoleransi kurang dari 2%, namun tetap diupayakan seoptimal mungkin sehingga dapat menjadi 0%”, ujar Mas Agus Subakti.


Monitoring dan Evaluasi kegiatan Revaluasi BMN dilakukan untuk penyamaan persepsi terkait langkah mitigasi permasalahan Revaluasi BMN serta membahas terkait kualitas pelaksanaan Revaluasi BMN. Diharapkan, dengan diselenggarakannya kegiatan monitoring dan evaluasi Revaluasi BMN Satker lebih memahami apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan Revaluasi BMN. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Revaluasi BMN telah dilaksanakan dengan baik oleh Tim Revaluasi BMN dari unsur Satuan Kerja dan KPKNL. Dengan demikian, tidak ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang signifikan.

Menjaga KUALITAS hasil Revaluasi BMN adalah hal yang sangat penting, untuk menjaga agar tidak mempengaruhi opini Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Sehingga opini atas LKPP tetap Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah hasil Revaluasi BMN masuk dalam LKPP.   


Pada kesempatan tersebut, sebagai upaya optimalisasi branding image tugas dan fungsi KPKNL Tangerang I, Mas Agus Subakti juga memberikan sosialisasi Surat Edaran Dirjen Kekayaan Negara Nomor SE-03/KN/2018 tentang pengendalian gratifikasi terkait perjalanan dinas, honorarium narasumber, dan honorarium tim pelaksana yang berasal dari pihak lain di luar DJKN. Materi tersebut juga disampaikan karena berkaitan dengan terpilihnya KPKNL Tangerang I sebagai kantor peserta Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Disampaikannya, bahwa Surat Edaran ini diterbitkan sebagai bagian dari pelaksanaan program pengendalian gratifikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara cq. KPKNL, agar terwujud penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Sesi berikutnnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan teknis oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Agus Salim didampingi oleh Syam Anugrah, staf pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Agus Salim menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Revaluasi BMN mulai dari awal hingga ahir yaitu inventarisasi yang menjadi tugas Tim Revaluasi BMN dari Satker sampai dengan penilaian yang dituangkan dalam Laporan Penilaian sebagai hasil kerja Tim Revaluasi BMN dari KPKNL.


Di hari kedua, masih berlangsung acara pemaparan teknis pelaksanaan Revaluasi BMN dan tanya jawab dengan narasumber Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Banten, Wahyudi Prayogo. Acara yang sempat diliput oleh Cahaya TV, salah satu TV Media lokal di Banten ini diikuti oleh para peserta yang merupakan perwakilan dari 63 Satuan Kerja di lingkungan KPKNL Tangerang I. Para Satker di wilayah KPKNL Tangerang I sangat kooperatif, mengikuti acara dengan penuh semangat dan antusias, terlihat dari banyaknya respond an pertanyaan seputar Revaluasi BMN yang disampaikan oleh para Satuan Kerja.


Pada sesi terahir acara, kegiatan monitoring dan evaluasi Rekonsiliasi BMN ditutup oleh Kepala Kanwil DJKN Banten, Tedy Syandriadi.  Dalam arahannya, sekaligus menutup acara, Tedy Syandriadi terlebih dulu menyampaikan rasa syukurnya atas hasil yang telah dicapai dan ucapan terima kasih kepada seluruh Satuan Kerja yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan Revaluasi BMN. “Alhamdulillah untuk wilayah Banten, kegiatan Revaluasi BMN Tahun 2017-2018 sudah melampaui target dan mencapai 113%. Ini semua antara lain berkat sinergi dan dukungan Bapak Ibu sekalian selaku Pengguna Barang dengan DJKN cq. KPKNL sebagai Pengelola Barang,” ujar Tedy Syandriadi.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi Revaluasi BMN meliputi pula kelengkapan dokumen yang disampaikan dan dilampirkan oleh Satuan Kerja sehingga pengelolaan BMN khususnya terkait Revaluasi BMN bisa tercapai hasil yang tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum yang merupakan tanggung jawab bersama. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, mohon dukungan dan kerja sama Bapak Ibu sekalian sehingga kegiatan Revaluasi BMN, bisa tercapai hasil yang sempurna, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Semoga pekerjaan ini merupakan nilai ibadah kita semua, aamiin”, pungkas Tedy Syandriadi sekaligus menutup acara.


(Teks/Foto : Apit Rina/Tim Humas KPKNL Tangerang I)


Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Taman Makam Pahlawan (T.M.P.) Taruna - Kota Tangerang 15111
(021) 55794272
(021) 55794017
kpknltangerang1@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini