Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Berita
Persiapan Laporan BMN 2013 dengan Sosialisasi Pengawasaan dan Pengendalian BMN
N/a
Jum'at, 13 Desember 2013   |   677 kali

Surabaya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara dan Aplikasi Sistem Informasi dan Manajemen Akuntasi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) 2013 untuk seluruh Satuan Kerja (Satker) di wilayah kerja KPKNL Surabaya di Aula KPKNL Surabaya, Gedung Keuangan Negara I Lantai 6 Surabaya.

Acara sosialisasi ini dibuka langsung oleh Widi Ardi Bayu Ch., Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara mewakili Kepala KPKNL Surabaya. Widi Ardi Bayu Ch. menyatakan kegiatan ini merupakan persiapan dalam penyusunan laporan Barang Milik Negara Tahun 2013 untuk semester II dan tahunan Tahun 2013 yang dalam waktu dekat akan segera dilaporkan oleh seluruh Satker di wilayah kerja KPKNL Surabaya.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, Widi Ardi Bayu Ch. berharap seluruh Satker di wilayah kerja KPKNL Surabaya dapat memahami materi yang disajikan sehingga rekonsiliasi SIMAK BMN Semester II  tahun 2013 dapat berjalan dengan lancar. Harapan dari KPKNL Surabaya bahwa seluruh Satker di wilayah kerja KPKNL Surabaya dapat memahami kebutuhan dalam mengelola BMN sebagai pengguna untuk melakukan pelaporan tiap semester dan tahunan dengan cara melakukan kegiatan rekonsiliasi BMN tepat waktu sebagaimana yang ditetapkan dalam ketentuan pelaporan BMN dan sebaliknya KPKNL Surabaya sangat siap melayani kegiatan rekonsiliasi yang telah dijadwalkan pada setiap awal pelaporan sehingga kerjasama sangat diperlukan untuk kesuksesan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebagai pengelola BMN baik disisi pengelolaannya ataupun disisi pengawasan dan pengendalian BMN.

Terkait materi teknis yang disosialisasikan dan keterbatasan waktu sebelum pelaksanaan rekonsiliasi BMN Semester II tahun 2013, maka sosialisasi yang diselenggarakan pada hari senin 9 Desember 2013 s.d. Jumat 13 Desember 2013 ini dirancang dalam system Intensive class, dimana setiap hari diadakan 2 sesi yaitu sesi pagi dari jam 08.30 – 11.30 WIB dan sesi siang dari jam 13.30 – 16.30 WIB. Dengan peserta tiap sesi kurang lebih 50 orang, maka tutorial yang diberikan akan lebih efektif dalam penyelesaian permasalahan dan kendala teknis yang timbul di tingkat operator satker selain itu satker di wilayah KPKNL Surabaya yang berjumlah 499 satker dapat terlayani semua dengan baik.

Dalam setiap sesi yang diadakan, materi yang disampaikan adalah soasialisasi PMK Nomor: 244/PMK.06/2012 tetang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Brang Milik Negara disampaikan oleh Widi Ardi Bayu Ch. Materi Aplikasi SIMAK BMN 2013 berupa adanya fitur-fitur/menu-menu baru di dalam aplikasi SIMAK BMN 2013 yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh operator aplikasi SIMAK disampaikan oleh Eko Budi Hariyanto, staf Seksi PKN. Pada sesi ini juga sebagai ajang diskusi untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan yang timbul pada saat melakukan pengisian terhadap fitur-fitur baru dari SIMAK BMN BMN 2013 sekaligus untuk dibahas pemecahannya, sehingga diharapkan nantinya pada saat rekonsiliasi laporan BMN Semester II tahun 2013 sudah tidak ada lagi permasalahan yang akan muncul kembali dan rekonsiliasi BMN dapat berjalan dengan lancar.

Ditemui di sela-sela jeda kegiatan sosialisasi, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Surabaya Widi Ardi Bayu Ch. berharap agar peserta yang hadir dapat menggunakan aplikasi SIMAK BMN 2013 dengan baik, cepat dan benar tanpa kendala, sehingga target Indikator Kinerja Utama berupa tingkat kepatuhan satker untuk melakukan rekonsiliasi BMN tepat waktu dapat mencapai 100%. Widi Ardi Bayu Ch. juga berjanji terhadap satker yang melakukan pelaporan BMN dan Rekonsiliasi BMN tepat waktu akan diberikan reward dan penghargaan baik dalam bentuk suvenier ataupun lainnya, sehingga dapat menarik perhatian seluruh satker untuk melaporkan dengan segera sesuai dengan ketentuan dalam pelaporan dan tepat waktu. Menjelang berakhirnya acara, Widi Ardi Bayu Ch. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta kegiatan sosialisasi ini dan apresiasi penghargaan yang sangat luar biasa kepada satker yang telah menyampaikan laporan BMN dan rekonsiliasi yang tepat waktu sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan pelaporan BMN satker Kementerian/Lembaga. (Penulis:Hasim Erha/Fotografer:Kurniawan Arrozi/Editor: Anwar S.)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Indrapura No. 5 Gedung Keuangan Negara Lt. 5 Surabaya - 60175
(031) 3573953
(031) 3554794
kpknlsurabaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini