Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Berita
Penggalian Potensi Lelang KPKNL Surabaya; Optimalkan Capaian Lelang
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Rabu, 09 Agustus 2023   |   81 kali

Kamis, 27 Juli 2023, KPKNL Surabaya melakukan penggalian potensi lelang di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik serta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Gresik. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh Kepala KPKNL Surabaya, Tunggul Yunianto bersama dengan Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda, Ferry Hidayat serta Kasubbag Umum, Raudatul Munawwarah dan staf.

Kunjungan pada mitra kerja pertama, yakni pada BPPKAD Kabupaten Gresik disambut langsung oleh Kepala Badan BPPKAD, A.M. Reza Pahlevi, A.P. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah, Abd. Adhim, S.H.; serta Kepala Sub Bidang Penilaian, Pemindahtanganan, dan Penghapusan, Franciscus Friendik Winudinoyo, S.E. Pertemuan ini membahas capaian lelang Barang Milik Daerah (BMD) yang sudah berjalan dengan baik sehingga mendapatkan apresiasi dari BPPKAD Gresik. Kepala Badan BPPKAD Gresik menyampaikan bahwa kerjasama ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Dalam pertemuan ini, Pemkab Gresik juga menunjukkan tekadnya untuk terus berupaya dalam mengelola pengadministrasian Barang Milik Daerah (BMD) baik secara fisik maupun non fisik. Dengan demikian, diharapkan pengelolaan Aset Daerah baik melalui pemanfaatan maupun penghapusan diharapkan dapat terus didukung dan dilaksanakan dengan baik sehingga mampu menambah manfaat serta meningkatkan pendapatan asli daerah Kab.Gresik.

Pada kunjungan kedua, Tim KPKNL Surabaya dengan PT BRI Cab. Gresik yang disambut Plt. Kepala PT. BRI Cab. Gresik,  I Dewa Gde Putra Wirama . Berbeda dengan lelang Barang Milik Daerah (BMD), dalam perpektif lelang UUHT Pasal 6, lelang merupakan upaya terakhir apabila debitur tidak melunasi hutang sesuai dengan ketentuan. Pihak PT.BRI Cab.Gresik juga menyampaikan bahwa lelang bisa menjadi shock terapy bagi debitur untuk segera melunasi pinjamannya. Sebelum sampai pada  tahap lelang, tentunya PT BRI telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kredit para debitur yang macet, mulai dari pedampingan dan menjadi tempat konsultasi oleh para debitur. Setelah semua upaya dilakukan dan debitur masih juga belum membayar pinjaman, maka upaya yang dilakukan adalah mengajukan permohonan lelang. Dalam beberapa waktu terdekat ini, Plt. Pimpinan PT.BRI Cab. Gresik menyampaikan, pihaknya tengah menyiapkan beberapa permohonan pelaksanaan lelang yang nantinya akan diajukan kepada KPKNL Surabaya.  

Pada setiap sesi, KPKNL Surabaya selalu menekankan bahwa KPKNL Surabaya siap untuk membantu dan melayani stakeholder dengan optimal  sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Melalui kegiatan penggalian potensi lelang, diharapkan Kerjasama antara kedua belah pihak menjadi semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap capaian lelang KPKNL Surabaya. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Indrapura No. 5 Gedung Keuangan Negara Lt. 5 Surabaya - 60175
(031) 3573953
(031) 3554794
kpknlsurabaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini