Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Berita
Asistensi Keberlanjutan WBBM KPKNL Surabaya Tahun 2023, Wani Cak!
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Selasa, 14 Maret 2023   |   58 kali

Kamis, 9 Maret 2023, KPKNL Surabaya mendapatkan asistensi Keberlanjutan WBBM oleh Kantor Pusat DJKN, yakni dari Subbagian Penegakan Disiplin/Kode Etik dan Evaluasi Hasil Pemeriksaan, Bagian Kepatuhan Internal, Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 s.d. 13.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat KPKNL Surabaya Lantai 6 GKN Surabaya I yang dihadiri oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, agen perubahan, serta tim keberlanjutan WBBM KPKNL Surabaya.

Pembangunan Zona Integritas KPKNL Surabaya telah dimulai pada tahun 2014 dengan mendapatkan predikat Wilayah Bersih Korupsi (WBK). Di tahun 2021, KPKNL Surabaya kemudian mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sebagai komitmen keberlangsungan pelayanan yang bersih melayani dan bebas dari korupsi tersebut, di akhir tahun 2022, KPKNL Surabaya telah membentuk Tim Keberlangsungan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dan selanjutnya akan dilakukan penilaian kembali oleh TPK Kementerian Keuangan (Itjen dan Biro Organta Kemenkeu).

KPKNL Surabaya mendapatkan asistensi dari Bagian Kepatuhan Internal, Sekretariat DJKN,  terkait adanya perubahan peraturan ZI WBK WBBM sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 90 Tahun 2021, Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 15 Tahun 2022, dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 62 Tahun 2023. Yang pada intinya menjelaskan bahwa terhadap unit kerja yang sudah memperoleh predikat WBK maupun WBBM tetap perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi guna memastikan agar unit tetap menjaga pelayanan dan integritasnya, tidak terdapat penurunan kualitas, serta tidak terdapat penyimpangan yang terjadi pada unit kerja.

Selain pemaparan materi oleh Bagian Kepatuhan Internal Sekretariat DJKN, dilakukan juga bedah LKE serta tanya jawab dan diskusi dengan seluruh peserta. Salah satu poin penting yang disampaikan Kantor Pusat adalah untuk selalu menjaga integritas baik dalam hal teknis dan administrasi, agar dapat lolos clearance IBI maupun clearance UKI, serta bersiap saat kegiatan Field Evaluation dan Mystery Shopper

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Indrapura No. 5 Gedung Keuangan Negara Lt. 5 Surabaya - 60175
(031) 3573953
(031) 3554794
kpknlsurabaya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini