Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Sharing knowledge di KPKNL Singkawang bulan Februari tahun 2024
Nita Kurnia Syahasiah
Kamis, 14 Maret 2024   |   35 kali

Rabu (07/02) KPKNL Singkawang menyelenggarakan program rutin Knowledge Sharing.  Knowledge Sharing pertama di bulan Februari 2024 diisi dengan penyampaian materi oleh Refrelkeae “El” Faesalre selaku Pelaksana seksi Kepatuhan Internal. Pemateri menyampaikan materi mengenai KMK-475/2023 tentang Pedoman Benturan Kepentingan (Conflict of Interest). Pemateri menyampaikan definisi dari Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) yaitu berupa keadaan memiliki kepentingan pribadi atau kelompok yang menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau golongan yang mempengaruhi objektifitas dan kualitas atas keputusan atau tindakan yang dilakukan atau tidak dilakukan. Ruang lingkup dan tujuan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) adalah CPNS, PNS, PPPK dan orang yang menerima gaji dari keuntungan negara, Unit Organisasi di Lingkungan Kementerian Keuangan. Kewajiban Pegawai yaitu membuat deklarasi data pegawai dan perubahannya, menghindari situasi benturan kepentingan dan membuat laporan penghindaran, membuat dan melaporkan deklarasi benturan kepentingan. Larangan pegawai yaitu menggunakan keahliannya dalam mendirikan atau mengelola usaha yang berpotensi benturan kepentingan, memiliki benturan dan mengendalikan usaha yang berpotensi benturan kepentingan, melakukan perbuatan atau ikut serta dalam kegiatan yang berpotensi benturan kepentingan sesuai larangan dalam proses bisnis.

Rabu (21/02) Knowledge Sharing ketiga di bulan Februari diisi dengan penyampaian materi oleh Arifin selaku Pejabat Fungsional Pelelang, Pemateri menyampaikan materi terkait Tata Cara Permohonan Lelang Non eksekusi sukarela UMKM. Pemateri menjelaskan mengenai syarat mengajukan permohonan lelang untuk UMKM yaitu: (1) memiliki akun. Dokumen pembuatan akun yaitu KTP, NPWP, Buku rekening Tabungan. (2) mengajukan permohonan dengan kelengkapan yang meliputi daftar barang, nilai limit dan uang jaminan, surat penyataan objek lelang dalam penguasaan, surat informasi tertulis penyetoran hasil bersih lelang, surat pernyataan Barang Tidak Dalam Sengketa, KTP, NPWP, Foto Objek yang akan dijual, dan diunggah ke portal.lelang.go.id, (3) tarif Bea Lelang.

Rabu (28/02) Knowledge Sharing keempat di bulan Februari diisi dengan penyampaian materi oleh Cahyanto Kabisatriyo selaku pelaksana di Subbag Umum. Knowledge Sharing kali ini menjelaskan mengenai Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) Versi 2. Setelah itu dilanjutkan dengan mempraktekkan penggunaan Aplikasi SIMAN Versi 2.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini