Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Upgrade Pelayanan di KPKNL Singkawang dengan Pelatihan Service Excellence
Retno Nur Indah
Senin, 20 Maret 2023   |   104 kali

Senin (20/03/2023) KPKNL Singkawang melaksanakan kegiatan pelatihan Service Excellence yang difasilitasi oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Singkawang.  Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Singkawang, Odyses Medwan Sinurat, yang menjelaskan dasar dan tujuan kegiatan pelatihan service excellence bagi pegawai di Lingkungan KPKNL Singkawang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang (KC) Singkawang, Andri Kurniadi, dan BSI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Singkawang Merdeka, Mariani. Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk menambah wawasan, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas setiap pegawai dalam memberukan pelayanan prima kepada stakeholder.

Pelatihan service excellence dipandu oleh Karina Indri, officer BSI KC Singkawang, selaku trainer. Dalam paparan materi, disampaikan bahwa pelayanan yang prima merupakan tanggung jawab setiap komponen instansi di setiap unit kerja. Dijelaskan juga beberapa aspek penting dan harus dimiliki setiap pegawai, diantaranya; energi, pengetahuan, sikap, skill, dan penampilan. 

Setiap pegawai harus memiliki energi yang powerful dalam memberikan pelayanan. "Energi ini dapat dibangun dengan sikap antusiasme, menularkan energi positif yang menunjukkan keramahan dengan budaya menyapa, menciptakan interaksi yang berkesan dan menyenangkan, percaya diri, luwes, natural, solutif dan santun, dan mampu memberikan pelayanan dengan penuh pemahaman akan hal-hal substantif", pungkas Indri. Setiap pegawai juga dituntut berpenampilan rapi, sopan, dan menarik untuk memberikan kesan positif di mata stakeholder. Penampilan yang positif dapat memancarkan pesona pribadi yang menyenangkan. Yang tidak penting, setiap pegawai juga harus mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu memberi layanan yang tepat. Dan yang tak kalah penting adalah harus memahami kebutuhan, tipe-tipe dan karakter stakeholder sehingga kita mampu merespon secara benar. 

Komponen penting yang harus dimiliki dalam menjalin hubungan yang baik dan memberikan pelayanan kepada stakeholder terdiri dari 3 komponen, yakni verbal 7 persen, vocal 38 persen, dan visual 55 persen. Saat berhadapan dengan stakeholder, kita harus mampu berkomunikasi dengan kata-kata yang jelas, lazim, lugas, dan tidak berbelit-belit.  Kita juga harus berusaha agar bisa menyampaikan informasi dengan terstruktur, artikulasi yang jelas, serta intonasi dan volume yang sesuai.   Kompenen yang memegang peranan paling besar adalah penampilan, dimana penampilan yang impresif menggabungkan antara kontak mata, ekspresi dan gestur tubuh yang sesuai.

Dalam pelatihan ini juga dilakukan role play mengenai bagaimana menghadapi keluhan dari stakeholder.  Dipilih dua orang pegawai yang masing-masing berperan sebagai pegawai KPKNL Singkawang dan seorang pengguna layanan (stakeholder).  Trainer memberikan kiat-kiat dan contoh langsung menghadapi keluhan dengan tetap mengedepankan sikap profesionalisme dan solutif.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini