Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Forum Serasi KPKNL Singkawang Minggu Ketiga Maret 2023
Retno Nur Indah
Senin, 20 Maret 2023   |   30 kali

SERASI, forum diskusi dan sharing informasi sekaligus motivasi yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang telah dilaksanakan hingga pekan ketiga bulan Maret tahun 2023 dengan semangat yang tetap antusias. Kegiatan ini seperti biasa dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dilaksanakan secara daring yang pada pekan ini diselenggarakan pada hari Selasa dan Rabu yang diisi dengan kegiatan diskusi interaktif, informatif dan motivatif. Sedangkan khusus tiap Senin diadakan secara luring yang khusus diisi dengan pembacaan Perilaku Utama Nilai-Nilai Kemenkeu, Budaya Kerja Kemenkeu, dan pembacaan quotes atau kata-kata motivasi membangun mental positif dari dan untuk seluruh pegawai KPKNL Singkawang.

Selasa (14 Maret 2023) Serasi diisi dengan penyampaian materi oleh Irianto. Pelaksana pada Seksi HI KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi informatif dengan judul “Tiga Tips Menjaga Kesehatan Mata”. Menurut Irianto, mata merupakan anggota tubuh yang sangat vital dalam menjalankan kehidupan sehingga menjaga kesehatannya merupakan upaya yang harus dilakukan untuk menghindarkan dari berbagai penyakit dan gangguan pada organ penglihatan ini. Oleh karena itu pemateri dalam kesempatannya menyampaikan tiga tips sederhana namun penting untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya : (1) Hindari paparan langsung sinar matahari atau kemasukan benda asing dengan menggunakan pelindung atau kacamata utamanya ketika berada diluar rumah, (2) Setelah 20 menit menatap layar gawai atau gadget secara langsung usahakan memalingkan mata setidaknya selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter, dan (3) Selalu menjaga kebersihan dan tidak mengucek mata.

Rabu (15 Maret 2023) adalah giliran Supriyadi menyampaikan materi pada diskusi Serasi. Pelaksana pada Seksi PN KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi yang masih seputar mata, yakni “Kedutan Mata Kiri Menurut Medis”. Mata merupakan bagian tubuh penting kita, tanpa kita sadari seringkali bereaksi secara motorik dengan berkedip. Seringkali kejadian berkedipnya mata dalam hal ini mata sebelah kiri tanpaa kita tahu apa dan bagaimana kejadiannya ditunjau secara medis dan dalam forum Serasi pemateri menyampaikan bahwa secara medis hal itu bisa terjadi akibat ketidakseimbangan nutrisi, kekurangan vitamin B dan cairan sehingga menyebabkan otot dan saraf disekitar mata terganggu hingga mengalami kedutan. Secara medis kedutan pada mata kiri, menurut pemateri disebabkan oleh kelelahan pada mata dan juga stres dan masalah mental.

Penulis : Gusti Juliansyah

Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini