Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
KPKNL Singkawang Berbagi Pengetahuan di Bulan Februari 2023
Retno Nur Indah
Senin, 13 Maret 2023   |   30 kali

Knowledge Sharing, forum berbagi informasi internal KPKNL Singkawang, telah dilaksanakan hingga bulan Februari Tahun 2023. Kegiatan yang diadakan dalam rangka mewujudkan KPKNL Singkawang sebagai learning organization (LO) ini diisi dengan penyampaian materi ilmiah yang disampaikan secara bergiliran oleh ASN di KPKNL Singkawang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan penyelenggara.

Rabu (01/02/2023) Knowledge sharing pertama bulan Februari diisi dengan penyampaian materi oleh Ratna Astuti. Kepala Seksi PKN KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan judul “Pelayanan Prima”. Di awal pemaparan pemateri menyampaikan definisi dari pelayanan prima dan lebih khusus pelayanan prima pada pemerintahan, kemudian sejumlah tujuan dari penyelenggaraan pelayanan prima, 4 manfaat pelayanan prima, jenis pelayanan prima yang terdiri dari pelayanan bersifat langsung dan pelayanan tidak langsung. Terhadap jenis pelayanan prima yang dimaksud pemateri memperjelasnya dengan menjelaskan mengenai aplikasi dan implementasi pelayanan prima baik pelayanan yang langsung maupun pelayanan tidak langsung dan pada akhir penyampaian pemateri menutup sesi sharing informasinya dengan menyampaikan informasi sekaligus renungan kepada seluruh pegawai mengenai pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima dalam rangka melaksanakan pelayanan publik yang lebih baik, efisien, responsif, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Rabu (08/02/2023) Retno Nur Indah, Kepala Seksi HI KPKNL Singkawang menyampaikan materi pada knowledge sharing kedua dengan judul “Seluk Beluk Ilmu Hukum”. Ilmu Hukum memiliki definisi yang beragam menurut masing-masing ahli dan pemateri di awal sharingnya menyampaikan definisi menurut dua pakar, masing-masing Abdul R Saliman dan Satjipto Rahardjo. Selanjutnya dibahas mengenai definisi “Hukum” menurut beberapa pakar salah satunya menurut pendapat Mochtar Kusumaatmaja yang mendefinisikan hukum sebagai sebuah kaidah dan asas yang berguna dalam mengatur hubungan masyarakat yang dibuat dengan keadilan. Selanjutnya dibahas sistematika hukum yang membagi hukum menjadi 2 yakni hukum publik dan hukum privat.  Dalam uraiannya pemateri juga menjelaskan perihal subjek hukum baik definisi maupun sejumlah orang yang menjadi bagian dari subjek hukum dan ditutup dengan menjelaskan beberapa sumber hukum materil.

Rabu (15/02/2023) adalah giliran Andri Dian Prastyawan berbagi informasi pada forum knowledge sharing ketiga bulan februari 2023. Kepala Seksi PN KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan judul “Hutang Piutang”. Dalam urusan hutang piutang terdapat setidaknya dua pihak yang saling terkait yakni yang berhutang disebut sebagai debitur dan yang berpiutang disebut sebagai kreditur. Mengutip pendapat seorang ahli, pemateri menyampaikan definisi piutang sebagai suatu klaim/hak menagih kepada pelanggan atau pihak lain berupa uang, barang, ataupun jasa. Selanjutnya pemateri mengkerucutkan materi bahasan kedalam subtopik mengenai piutang negara dan piutang daerah mulai dari definisi, beberapa penyebab timbulnya piutang negara/daerah, alur pengelolaan piutang negara/daerah, dan membahas secara singkat UU Nomor 49/Prp/1960 mengenai Panitia Urusan Piutang Negara.

 

Rabu (22/02/2023) Arifin, Pejabat Fungsional Pelelang KPKNL Singkawang yang menjadi narasumber knowledge sharing, dihadapan peserta menyampaikan materi mengenai Aplikasi Lelang : Lelang.go.id. Pemateri menyampaikan bahwa aplikasi lelang milik DJKN tersebut menjadi salah satu implementasi dari strategi TIK DJKN yakni (1) Menyediakan sistem informasi yang tepat guna, terintegrasi dan aman, (2) Menyelenggarakan layanan TIK yang berkualitas melalui pelaksanaan tatakelola yang efektif, dan (3) Menguatkan fungsi organisasi pengelola TIK berkelanjutan. Selanjutnya pemateri menyampaikan sejumlah misi dan isu mengenai pengembangan serta roadmap TIK DJKN yang dicanangkan untuk tahun 2022 hingga 2025. Pemateri kemudian menjelaskan mengenai mekanisme penyelggaraan lelang melalui lelang online (e-auction) pada lelang.go.id mulai dari pra lelang, pelaksanaan, hingga pasca lelang.

 

Penulis : Gusti Juliansyah

Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini