Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
SERASI Minggu Pertama April 2022
Retno Nur Indah
Jum'at, 08 April 2022   |   71 kali

Senin (04/04/2022) hari pertama pelaksanaan SERASI pekan pertama bulan April 2022 diisi dengan penyampaian materi oleh Arlie Irham Yusdika, Staf pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menyampaikan materi SERASI dengan judul “Puasa Bugar di Bulan Ramadhan”. Selain persoalan ibadah, puasa juga selalu bersinggungan dengan persoalan porsi makan. Pemateri menyebutkan ‘memindahkan porsi makan’ adalah cara efektif puasa tanpa kekurangan energi, maka pemateri kemudian membagikan sejumlah tips diantaranya makan porsi kecil setelah makan besar berbuka puasa, meningkatkan nafsu makan saat sahur, dan sediakan liquid calories yang sehat.

Selasa (05/04/2022) oleh Lunda Nine Aleva, Staf pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi mengenai Rencana Penarikan Dana atau yang disingkat RPD. Berdasarkan PMK Nomor 197/PMK.05/2017 RPD didefinisikan sebagai rencana penarikan kebutuhan dana yang ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran untuk pelaksanaan kegiatan satuan kerja dalam periode satu tahun yang dituangkan dalam DIPA. Pemateri menjelaskan mulai dari mengenai format RPD yang tercantum di halaman ketiga DIPA hingga sejumlah persoalan dalam penyusunannya RPD oleh unit kerja di internal KPKNL Singkawang yang belum sesuai dengan ketentuan.

Rabu (06/04/2022) adalah giliran Domas Meida Budiyanto menyampaikan materi. Sesuai dengan momentum Bulan Ramadhan 1443 H dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa, Kepala Seksi Kepatuhan Internal ini menyampaikan materi dengan judul “Waktu Terbaik Makan Buah Ketika Berpuasa”. Buah adalah salah satu nutrisi yang baik bagi tubuh disamping sebagai bahan pangan penghilang lapar buah juga mengandung air, vitamin, mineral yang dapat memelihara organ tubuh manusia terlebih bagi yang berpuasa. Pemateri menyampaikan dua waktu penting saat berpuasa yakni sahur dan saat berbuka dimana saat sahur buah sebaiknya tidak diolah menjadi jus sedangkan saat berbuka puasa konsumsi buah dengan cara dijadikan jus. Beberapa buah yang direkomendasikan bagi yang berpuasa oleh pemateri dalam penyampaiannya, diantaranya adalah semangka, blewah, kurma, dan mangga.

Kamis (07/04/2022) SERASI dengan pemateri oleh Retno Nur Indah, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan judul “Tips Menulis Artikel”. Ada tujuh langkah menulis artikel yang disampaikan melalui bantuan slide Powerpoint oleh pemateri sekaligus dijabarkan dengan detail dan lebih jelas. Langkah-langkahnya adalah : (1) Menemukan ide, (2) Menetapkan angle,  (3) Mengumpulkan bahan tulisan (4) Kerangka tulisan, (5) Menulis, (6) Editing ,dan (7) Publikasi. Pegawai KPKNL Singkawang dihimbau untuk mengasah ketrampilan menulis, terlebih saat ini media untuk publikasi sangat beragam seperti blog dan juga website KPKNL Singkawang.  

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini