Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
Survey Data Pembanding Tanah Kota Singkawang
Regina Ria Karolina
Senin, 28 Maret 2022   |   298 kali

KPKNL Singkawang melalui Pejabat Fungsional Penilai melakukan survei data property. Kegiatan dimaksud berupa pengumpulan data sampel nilai tanah yang disewakan dan dijual yang tersebar di Kota Singkawang. Kegiatan survei ini merupakan kegiatan tahunan untuk mendapatkan data masukan dalam pembaharuan (update) data penilaian tanah agar dapat dijadikan acuan dalam melakukan aktivitas penilaian pada KPKNL untuk wilayah Kota Singkawang.

Kegiatan lapangan yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Maret 2022 ini dilakukan di 5 kecamatan di Kota Singkawang, diantaranya adalah kecamatan Singkawang Barat, Singkawang Tengah, Singkawang Timur, Singkawang Utara dan Kecamatan Singkawang Selatan. Untuk efisiensi kerja aktivitas survey ini dibentuk dua tim yang masing-masing dibawah koordinasi Pejabat Fungsional Penilai Pertama yakni Decky Fitriadi.

Singkawang merupakan kota otonom terletak sekitar 145 km sebelah utara Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat . Pada tahun 2020 data BPS mencatat Kota Singkawang dihuni sebanyak 235.064 jiwa penduduk yang berlatar belakang multi etnis. Letak geografisnya berada pada wilayah pesisir barat dan menjadi kota penghubung antar kabupaten serta didukung dengan infrastuktur yang relatif baik sehingga memudahkan mobilitas manusia dan barang telah menempatkan Singkawang sebagai kota dengan geliat ekonomi yang cukup baik. Hal ini ditandai dengan pesatnya perkembangan kota dan munculnya sejumlah sentra bisnis baru sehingga pada akhirnya sangat mempengaruhi nilai jual tanah di beberapa lokasi di kota Singkawang.

Pada survey data tanah di Kota Singkawang tahun ini kembali mengambil lokasi Pasar Hongkong sebagai Central Business District (CBD) Kota Singkawang. Pasar Hongkong merupakan sentra ekonomi rakyat yang sangat iconic dan kental akan nuansa tradisionalnya serta menariknya menjadi salah satu simbol akulturalitas budaya di Kota Singkawang. Secara topologi survei tahun ini mendapati sebagian besar sampel tanah yang diperoleh berada pada tingkat elevasi yang lebih rendah dari jalan yakni antara 5 – 30 centimeter. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dikroscek melalu telepon kepada pemilik tanah untuk kemudian diinput pada aplikasi Sistem Aplikasi Penilaian atau SIP Survey. 

Penulis : Gusti

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini