Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Berita
Rapat Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi BMN Tanah Tahun 2024: Langkah Awal Mitigasi Risiko
Sayyidah Ustadza
Kamis, 21 Maret 2024   |   33 kali

Selasa (19/03), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo melaksanakan Rapat Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah Tahun 2024. Rapat yang dilaksanakan di Aula KPKNL Sidoarjo ini merupakan bentuk koordinasi yang diharapkan menjadi langkah awal dalam memitigasi risiko Program Percepatan Sertipikasi BMN Tanah Tahun 2024 pada KPKNL Sidoarjo. Pelaksanaan rapat koordinasi dibagi menjadi 2 sesi pada hari yang sama, dengan dihadiri oleh perwakilan Satuan Kerja (Satker) selaku pengguna tanah target sertipikasi BMN yang berjumlah 31 (tiga puluh satu) Satker di wilayah kerja KPKNL Sidoarjo. 

 

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Benedictus Deni Wahyudi, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Sidoarjo, pada sesi pertama dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Ekasari Maulidia, Pelaksana Seksi PKN KPKNL Sidoarjo memaparkan Program Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2024. Adapun di wilayah kerja KPKNL Sidoarjo, yakni Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto saat ini terdapat total 1.821 (seribu delapan ratus dua puluh satu) bidang tanah yang menjadi target sertipikasi BMN tanah di tahun 2024.


Upaya yang telah dilakukan oleh KPKNL Sidoarjo atas Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2024 antara lain: 1) Menginformasikan kepada seluruh Satker pemilik target sertipikasi tanah yang direncanakan untuk diajukan dalam Surat Keputusan Penetapan Lokasi maupun Satker pemilik target inventarisasi tanah K3 agar melakukan upaya persiapan baik teknis maupun administratif sertipikasi; 2) Menyampaikan kepada seluruh Kepala Kantah di wilayah kerja KPKNL Sidoarjo atas target sertipikasi BMN berupa tanah untuk ditetapkan dalam SK Penetapan Lokasi Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2024; 3) Melaksanakan koordinasi secara intensif pada masing-masing Kantah; dan 4) Melakukan  konfirmasi  status  tanah  target Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) pada Kantah di wilayah kerja KPKNL Sidoarjo secara daring via Zoom sekaligus memenuhi undangan dari Kantah Kota Mojokerto.

 

Untuk menuntaskan program sertipikasi dimaksud, terdapat rencana aksi yang diharapkan dapat segera diselesaikan selama periode triwulan I tahun 2024, yakni percepatan penyelesaian target carry over pada Kantah Kota Mojokerto sebanyak 7 (tujuh) bidang target Kantor Pusat DJKA, mempersiapkan kesiapan Satker untuk pemberkasan dan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus DJKA dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), dan rapat monitoring dan evaluasi sertipikasi secara berkala. Sedangkan untuk periode semester I tahun 2024, yakni mendesak Satker untuk segera meminta akun mitra ke kantor pusat masing-masing dan melakukan koordinasi tripartit antara KPKNL, Kantah, dan Satker.

 

Tidak hanya pemaparan target dari KPKNL Sdioarjo, dalam rapat ini beberapa Satker juga memberikan penjelasan atas kondisi BMN tanah yang masuk ke dalam target sertipikasi. Terhadap apa yang menjadi permasalahan dalam rencana pencapaian target sertipikasi, turut pula dibahas cara penyelesaiannya dalam rapat ini. Demikian 2 sesi Rapat Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2024 ini dilaksanakan dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. 

(Seksi HI, KPKNL Sidoarjo)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Erlangga Nomor 161 Sidoarjo, Jawa Timur - 61214
(031) 8057109
(031) 8057101
kpknlsidoarjo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini