KPKNL Serpong
BERITA UTAMA
KPKNL SERPONG selalu optimis dalam menjalankan tugas dan fungsi pelayanan kepada para pemangku kepentingan
e-Auction DJKN
Info Lelang
Rp. 4,60 M  11/10/2017 
Rp. 600,0 Jt  10/10/2017 
Rp. 4,49 M  10/10/2017 
Rp. 3,51 M  04/10/2017 
Rp. 350,0 Jt  29/09/2017 
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Serpong

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serpong merupakan kantor vertikal DJKN yang berada di wilayah Kanwil DJKN Banten. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012, wilayah kerja KPKNL Serpong meliputi Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.


KPKNL Serpong saat ini dipimpin oleh Sri Handayani, yang mulai menjabat sebagai Kepala KPKNL Serpong mulai April 2016. Sebelumnya Sri Handayani pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala KPKNL Serpong dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum Deny Zulham, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Paulus Agung Cahyo Wibowo, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Pamungkas, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Fery Hidayat, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Th Lestari Indrawati, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal Lukman Hakim Fasa, yang juga merangkap sebagai pelaksana tugas Kepala Seksi Piutang Negara.

Keseluruhan sumber daya manusia di KPKNL Serpong adalah sebanyak 35 pegawai terdiri dari 20 pegawai pria dan 15 pegawai wanita. Berdasarkan keahlian / fungsional terdapat Pejabat Lelang sebanyak  6 orang, Jurusita sebanyak  3 orang, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa sebanyak 1 orang, Pemeriksa 2 orang dan Penilai (SK Menkeu) sebanyak 10 orang.



KPKNL Serpong secara yuridis terletak di Jalan Bhayangkara, Kompleks Ruko Crystal Lane No. 55, ALam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Banten. Namun dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, pegawai KPKNL Serpong melaksanakan kegiatannya di Jalan TMP Taruna Kota Tangerang.  Situasi kantor yang berada pada dua lokasi ini tidak menjadi halangan bagi seluruh jajaran KPKNL Serpong untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik serta pencapaian target yang maksimal. Sarana transportasi yang mudah menuju kantor merupakan sarana pendukung yang membuat karyawan menjadi lebih nyaman untuk bekerja, karena tidak terjebak dalam kemacetan sehingga datang ke kantor suasana mental dan fisik masih terjaga dengan baik


Selain sarana transportasi hal-hal lain yang mendukung prestasi kerja adalah suasana kerja yang kondusif. Saling bersinergi antara seksi terkait merupakan kunci bagi pimpinan kantor untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam menciptakan suasana kerja yang kondusif ini, Kepala Kantor menerapkan kegiatan-kegiatan baik yang berhubungan dengan tugas dan fungsi maupun kegiatan di luar tugas dan fungsi. Untuk  meningkatkan kinerja pegawai, kegiatan rutin yang dilakukan, adalah Focus Group Discusion (FGD) setiap 1 (satu) minggu sekali antara Kepala Kantor dan para Kepala Seksi, morning call seluruh pimpinan dan staf KPKNL Serpong setiap 1 (satu) bulan sekali, capacity building, dan knowledge sharing untuk berbagi ilmu dan pengetahuan terutama bagi pegawai yang selesai menjalankan diklat maupun sosialisasi peraturan.  

 

Di samping kegiatan formal tersebut, kegiatan informal yang dipercaya dapat mewujudkan rasa kekompakan adalah dengan melakukan kegiatan bersama seperti olah raga berupa senam pada hari Jumat selama 2 kali dalam sebulan,  dan jalan santai bersama antara kepala kantor, karyawan dan honorer. Selain kegiatan olah raga, setiap hari Selasa dan Rabu diadakan makan siang bersama seluruh karyawan. Keakraban dan hubungan tanpa sekat ini dipercaya merupakan keunggulan yang dimiliki oleh KPKNL Serpong.

 

Sebagai ujung tombak pelayanan operasional di wilayah Provinsi Banten, KPKNL Serpong memberikan pelayanan di bidang Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara, dan Lelang. Di bidang Pelayanan Kekayaan Negara, KPKNL Serpong melayani 114 satuan kerja dari berbagai Kementerian / Kelembagaan. Untuk pelayanan Penilaian, KPKNL Serpong melayani satuan kerja yang membutuhkan penilaian atas BMN yang dimilikinya serta penilaian terhadap barang jaminan piutang negara. Untuk pengurusan Piutang Negara, saat ini KPKNL Serpong mengurusi Debitor eks penyerahan Bank Dalam Likuidasi, eks PPA, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian dan Piutang Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang disalurkan dengan pola Chaneliing oleh PT. Bank BJB Syariah Cabang Serang. Untuk pelayanan lelang, KPKNL Serpong melayani lelang atas permohonan Pengadilan Negeri Tangerang, Hak Tanggungan, Fiducia, dan lelang penghapusan milik Satuan kerja Kementerian Negara/Lembaga dibawah pengelolaan KPKNL Serpong.




Dengan motto KPKNL Serpong OPTIMIS, jajaran KPKNL Serpong akan selalu optimis dalam melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di wilayah kerja KPKNL Serpong.

OPTIMIS merupakan akronim dari Optimal, Profesionalisme, Transparan, Inovatif, Mumpuni, Integritas dan Sinergi.

  • Optimal, yaitu memberikan kemampuan dan keahlian terbaik dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.
  • Profesionalisme, yaitu bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi.
  • Transparan, yaitu pelayanan dilaksanakan secara jelas (terbuka) dari segi prosedur/tata cara pelayanan, persyaratan pelayanan baik persyaratan teknis maupun administrasi, unit kerja dan pejabat yang berwenang dalam memberikan pelayanan, rincian biaya dan tata cara pembayaran, serta kepastian waktu penyelesaian sebagai upaya mewujudkan visi tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance)
  • Inovatif, yaitu kemampuan pegawai untuk mencetuskan solusi-solusi yang baru dan kreatif, yang akan menghasilkan peningkatan kinerja, hasil-hasil yang lebih baik, produktivitas yang lebih tinggi,dan sebagainya
  • Mumpuni, yaitu mampu melaksanan tugas dengan baik
  • Integritas, yaitu berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.
  • Sinergi, yaitu membangun dan memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

Wilayah Kerja
Kabupaten Tangerang
Kota Tangerang Selatan
Peta Lokasi KPKNL Serpong
Alamat Kantor
Jalan Bhayangkara, Komples Ruko Crystal Lane Nomor 55, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan
(021) 55771197,55771198
(021) 55771195
kpknlserpong@kemenkeu.go.id