Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Berita
Barang Milik Negara Eks Barang Tegahan Dimusnahkan Oleh KPPBC TMC Kudus
Immanent Jati
Selasa, 23 Juni 2020   |   172 kali

Semarang – Peredaran rokok ilegal menjadi salah satu sasaran obyek perdagangan yang akan selalu ditindak tegas oleh Aparat Pemerintah yakni Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Pada hari Kamis (18/06/2020) bertempat di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC TMC) Kudus, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY serta dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Kudus, telah melaksanakan pemusnahan rokok illegal sebanyak kurang lebih 19 (sembilan belas) ton. Pelaksanaan tersebut dilakukan secara seremonial dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan serta press release.

Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa jajarannya akan selalu berupaya melakukan tindakan tegas dalam menekan peredaran rokok ilegal guna meningkatkan pendapatan Pemerintah dari cukai dan terciptanya iklim yang sehat dalam industri rokok dan tembakau.

Rokok ilegal yang telah ditegah oleh KPPBC TMC Kudus dimaksud menjadi Barang Milik Negara (BMN). Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, Barang Kena Cukai berupa Hasil Tembakau Rokok yang ilegal tersebut ditindaklanjuti peruntukkannya dengan pemusnahan. Sesuai batasan kewenangannya, proses tersebut sebelumnya diusulkan terlebih dahulu oleh KPPBC TMC Kudus kepada KPKNL Semarang yang merupakan unit instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan selaku unit yang memiliki tugas dan fungsi dalam mengelola BMN. KPKNL Semarang selanjutnya menerbitkan persetujuan penghapusan dengan tindak lanjut pemusnahan. (KPKNL Semarang Seksi HI/PKN)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Imam Bonjol No. 1D, Gedung Keuangan Negara Semarang II Lantai 4, Semarang - 50173
(024) 3542272
(024) 3520635
kpknlsemarang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini